selasar-loader

Bagaimana pendapat Anda terkait pernikahan beda agama?

LINE it!
Answered Apr 12, 2017

Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

2aCx3EyZ_aN7EmU-e4-QcSitbvlnqIs2.jpg

via icrp-online.com (FR)

Nikah beda agama sering menjadi topik hangat dalam berbagai pembicaraan, ada yang mengkajinya secara ilmiah, ada pula yang mengkaji secara heboh dan 'viral' alias jadi gosip, apalagi jika yang menikah beda agama adalah artis.

Banyak yang menganjurkan jangan menikah beda agama, karena seringkali menimbulkan permasalahan, baik konflik keluarga besar maupun konflik pasangan itu sendiri, juga yang tidak boleh dilupakan adalah konflik yang dialami anak, minimal konflik batin mengenai agama mana yang ingin di anut, ikut bapak atau ikut ibu.

Sebagai orang yang lahir dari pernikahan beda agama, saya turut merasakan hal tersebut. Sedari kecil perbedaan agama kedua orang tua menjadi bahan olok-olok dalam kehidupan sosial saya, tentu hal ini sangat tidak nyaman. Yang kedua adalah tradisi keagamaan yang tidak sama di dalam keluarga, membuat bingung, kedua orang tua saling mencoba menanamkan pengaruh, supaya ikut agama masing-masing, di buku raport atau identitas siswa saja saling bertolak belakang, waktu masuk tk, ditulis agama saya kristen, dan ketika sd ditulis islam. Yang ketiga ada perasaan sedih, ketika merayakan hari besar keagamaan, tentu karena tak bisa seperti orang lain yang seluruh nuclear family nya bisa saling bergembira atau pergi bersama melakukan ibadah.

Namun demikian, ada juga hikmah yang saya rasakan, setidaknya adalah ketika saya memilih agama islam untuk dianut, saya memilih dengan kesadaran pribadi, dan berusaha belajar sedalam mungkin untuk memahami agama yang saya pilih. Tak ada yang sia-sia ketika yang maha kuasa memilihkan skenario hidup untuk kita.

Meskipun demikian, saya tetap menganjurkan untuk menikah seagama, supaya kehidupan rumah tangga, setidaknya untuk anak-anaknya kelak dapat berlangsung dengan nyaman dan bahagia.

 

 

326 Views
Write your answer View all answers to this question