selasar-loader

Efektifkah aksi boikot Metro TV melalui Petisi?

LINE it!
Answered Dec 14, 2016

Syaifuddin Sayuti
Happy Holiday...

-MXB5obZc_T-HyMzzBcM8moy2SdLSMoV.jpg

Sepanjang sejarah pertelevisian nasional, aksi boikot atau himbauan untuk tidak menonton channel tv tertentu tidak pernah efektif. Karena pemegang kendali remote control bukan pada komunitas tertentu. Remote adalah persoalan individu. Jadi, sangat sulit mengontrol orang lain untuk memboikot siaran tv hanya karena perbedaan pendapat.

Masyarakat mungkin masih ingat dengan himbauan boikot TVOne beberapa tahun silam akibat pemberitaan mereka yang kerap salah. Siaran televisi tersebut tetap berjalan seperti biasa dan tak ada yang bisa menggoyang keberadaannya sama sekali hingga hari ini.

Satu yang bisa meruntuhkan sebuah stasiun tv adalah dari perolehan iklan. Dan perolehan iklan ini indikatornya adalah jumlah penonton atau pemirsa sebuah tayangan. Simpel saja kalau ingin menggoyang sebuah stasiun tv, ya jangan tonton acara tv tertentu. Mulai dari diri sendiri. Jika gerakan ini masif maka stasiun tv tidak akan memperoleh "kue" iklan dan mereka bakal kelabakan untuk membiayai operasional perusahaan tiap hari.

Pertanyaan berikutnya adalah memangnya seberapa terganggunya "kita" terhadap siaran tv tertentu? Tidak suka ya jangan tonton, tonton yang kita suka saja. Saya sudah buktikan hanya menonton tv yang tidak mencemari intelektualitas saya. Saya hanya menonton informasi yang bertanggung jawab, bukan informasi penuh setting-an ala tv lokal.

Kalau tidak penting-penting banget, matikan saja TV dan baca buku. Selesai.

354 Views
Write your answer View all answers to this question