selasar-loader

Mengapa rupiah bereaksi negatif beberapa hari pasca terpilihnya Trump?

LINE it!
Answered Nov 18, 2016

Selama tiga hari setelah Trump dinyatakan sebagai pemenang Pilpres Amerika, rupiah panas dingin, bahkan sampai mencapai level Rp13.800-an sebelum kembali lagi ke level hari ini. Mengapa reaksi rupiah cenderung negatif terkait terpilihnya Trump menjadi Presiden Amerika?


Ronny P
Pengamat Ekonomi Politik. Penyeruput Kopi. Dan Urang Bagak Baladiang

koin3

Jika diperhatikan secara detail, terpentalnya rupiah yang cukup tajam ketika itu lebih banyak dipengaruhi oleh dua hal yang kurang terkait dengan kondisi fundamentalnya.

Pertama, adanya berbagai kajian dari analis yang meramal terpilihnya Donald Trump akan berdampak negatif ke Indonesia. Padahal, fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih cukup kuat.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih berada di atas 5% lebih baik dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Selain itu, neraca pembayaran mencatat surplus dan neraca dagang berada pada titik yang baik, yaitu 1,83% dari produk domestik bruto (PDB) pada kuartal III 2016. Dari sisi fiskal, pemerintah juga masih menjaga defisit anggaran pada level 2,5% dari PDB.

Dalam berbagai perspektif, kondisi Indonesia tentu berbeda dengan Brazil, Afrika Selatan, atau Meksiko yang memiliki hubungan dagang yang besar dengan AS. Sebaliknya, perdagangan Indonesia lebih terpengaruh oleh Tiongkok.

Sementara itu, penyebab kedua adalah adanya kekhawatiran Indonesia akan membatasi perdagangan valas sebagaimana dilakukan oleh Bank Sentral Malaysia.

Seperti diketahui, Bank Sentral Malaysia membatasi perdagangan valas setelah ringgit melemah hampir 5% terhadap dolar AS pada Kamis (10/11) malam untuk mengantisipasi efek negatif keterpilihan Trump. Sementara itu, sebagaimana ditegaskan BI, Indonesia tidak akan membatasi perdagangan valas di pasar uang, pasar antarbank. Karena menurut BI, kondisi yang terbaik adalah membiarkan pasar berjalan dengan baik.

291 Views
Achmad Zaky

Bukan karena kemungkinan besar The Fed akan naekin suku bunga om? Diikuti kebijakan Trump yang akan lebih nasionalis dan proteksionis, investor jadi membawa uang balik biar aman.  Nov 18, 2016

Ronny P

Isu lama ini mah om Zaki....tarik ulur bikin pelaku pasar berspekulasi setiap saat....wuahahahah...terbukti desember lalu naik Rupiah bergeming ajah  Dec 14, 2016

Write your answer View all answers to this question