selasar-loader

Apa yang akan terjadi ketika era digital sudah dijalankan secara total?

LINE it!
Answered Apr 08, 2017

Arief Mizan
Penikmat teknologi sejak 1980an

Wia3JDyJynT4ZivG32LpR73AJxum2i9u.jpg

Ada yang menarik dari kunjungan kerja saya ke sebuah media massa terkenal di Kota Medan. Mereka sendiri mengakui bahwa conventiona media is sunsetting, dalam proses menuju terbenam. Mereka mulai serius menggarap laman dalam jaringan mereka dan kemudian memberi kuliah singkat tentang media sosial. Mereka harus segera berubah.

Digital. Digital. Digital.

Datang seperti momok bagi jiwa-jiwa yang tidak siap untuk berubah. Tapi apa sebenarnya digital itu? Bagi saya ini hanyalah sebuah fase dalam hidup. Suatu saat bahkan digital pun akan dilindas oleh penemuan baru lainnya.

Saya gemar menonton serial di National Geographic yang berjudul American Genius.Kisat Steve Jobs vs Bill Gates tentu sudah sering kita dengar. Dan inilah yang menjadi pionir perang digital saat ini. Kedua raksasa ini akhirnya dihantam oleh Google dan kemudian Google pun diusik oleh Facebook. Namun yang paling menarik adalah Thomas Alfa Edison vs Nikola Tesla. Persaingan di tahun 1800 an. Usai menontonnya saya baru memahami bahwa disrupsi yang dilakukan oleh GoJek adalah sesuatu yang alamiah akan terjadi karena dunia dipenuhi oleh para inovator. Mereka yang memang nyata-nyata ingin merubah dunia menjadi dunia sebagaimana yang mereka lihat dalam imajinasinya. 

Bagi yang pernah menonton Eagle Eye tentu mendapat gambaran apa yang terjadi jika Artificial Intelligence sudah semakin canggih, mesin bahkan mampu membaca psikologi manusia dan memprediksi bahkan memerintah manusia untuk tujuan yang menurut mesin itu adalah benar. Mungkin saja terjadi. Apakah dunia setelah itu menjadi menarik? Ya mungkin saja lebih menarik. Karena ketika membahas kemajuan teknologi digital kita tidak semata membicarakan rocket science tapi ada aspek psikologis. Teknologi mengubah perilaku. Dan manusi menjadi adaptif dan kemudian membentuk pola sosial yang baru yang menyesuaikan diri dengan perkembangan semua hal yang ada di sekitarnya.

Jadi, ini hanya sebuah fase. Jika umur kita cukup panjang, mungkin saja kita akan melihat teknologi baru yang akan membuat era digital menjadi old fashioned.

 

256 Views
Write your answer View all answers to this question