selasar-loader

Apa yang membuat orang rela mengantre panjang dan mengeluarkan banyak uang demi makanan yang sedang naik daun?

LINE it!
Answered Apr 08, 2017

Arief Mizan
Praktisi Komunikasi Pemasaran, Co-Founder Selasar

Ij9AX-EkCBWJF7pjtKS9RbIVZg-69oLu.jpeg

Bukan hanya soal makanan yang naik daun. Orang rela mengantre untuk semua yang sedang naik daun. Dan saya rasa itu adalah kerja marketing. Marketing adalah sebuah upaya mengenalkan brand kepada market dengan harapan agar produk/jasa yang ditawarkan akan dikonsumsi/digunakan. Semua hal, bukan saja makanan, yang dipasarkan tentu ingin mencapai momen "naik daun" ini. Seorang penyanyi tentu akan sangat senang ketika ada antrian panjang bahkan sampai berhari-hari untuk membeli tiket konsernya. Yang paling terkenal tentu antrian di depan Apple Store saat mereka launching produk baru. 

Saya selalu merujuk pada Model AIDA. Awareness (Sadar/Tahu) - Interest (Tertarik) - Desire (Ingin) - Action (Aksi/Beli). 

55KIeZGKic8LU4To_5mZk2h0NbjO6b-G.jpg

Saat ini saya sedang berkunjung ke Kota Medan. Dan disini sedang naik daun toko makanan "oleh-oleh khas daerah" yang baru yaitu Medan Napoleon. Napoleon Cake dengan berbagai rasa seperti green tea, coklat, durian dll milik artis ternama ini tiba-tiba saja booming, padahal kue itu sendiri sama sekali bukan hidangan khas Kota Medan. Tapi sejenak dia mengganggu status quo bolu gulung dan bika ambon yang sangat terkenal sebelumnya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan. Bahkan sangking lama mengantri, di depan toko sudah beredar para "calo" Napoleon yang memegang beberapa bungkus kue tersebut dan menjualnya dengan harga yang sedikit tinggi. Luar biasa. Saya pribadi tidak suka dengan hidangan ini. Rasanya ga cocok sama lidah saya dan bentuk cakenya mudah hancur serta teksturnya yang ga bisa membuat saya ketagihan seperti yang Zulaikha dan Meranti lakukan. 

Ya jadi banyak hal yang membuat orang mengantre panjang terhadap apapun yang sedang naik daun. Bagi saya itu adalah bukan sesuatu yang instan. Mereka yang mengantri sudah melewati fase Tahu - Tertarik - Ingin. Dan di tahap Action itulah orang-orang rela mengantri.

 

239 Views
Write your answer View all answers to this question