selasar-loader

Bagaimana rasanya kuliah di ITB?

LINE it!
Answered Apr 09, 2017

Manoressy Tobias
Seorang skeptis. Banyak pikiran, banyak opini.

tzBawm9ZRsuHaFReWc8VNBb3c0vo9RKF.jpg

via bandungoffroad.co.id (KAM)

Saya mungkin share pengalaman di luar sistem akademik saja ya, seperti kehidupan atau kebiasaan sehari-hari. Sekadar berbagi perspektif.

Saya dulu mahasiswa di Fakultas Teknologi Industri yang memiliki 4 jurusan: Teknik Fisika (TF), Teknik Kimia (TK), Teknik Industri (TI), dan Manajemen Rekayasa Industri (MRI). MRI merupakan pecahan dari TI; untuk menyederhanakan penjelasan, kita "satukan" saja MRI dengan TI.

Ada banyak lelucon yang kami buat terkait jurusan-jurusan ini:

  • TK: kuliahnya susah, tugasnya susah
  • TI: kuliahnya relatif mudah, tugasnya banyak dan susah
  • TF: kuliahnya susah, beban tugasnya relatif santai

Mahasiswa TK biasanya sibuk praktikum, sibuk laporan, stres dengan kuliah dan tugas-tugas yang berat. Mahasiswa TI biasanya stres dengan tugas yang banyak. Mahasiswa TF? Kami sibuk nongkrong di himpunan main kartu dan pingpong.

Itu stereotipe yang tidak selalu benar. Tapi, ada kalanya benar juga :-)

Berbicara mengenai attitude menghadapi ujian? Mahasiswa TK dan TI biasanya serius belajar sampai kadang stres. Mahasiswa TF? Besok pagi ujian jam 9, malam sebelumnya sampai jam 8 kadang kami masih santai main pingpong. Saya dulu beberapa kali seperti ini, jujur saja. Santai saja...

Besok pagi baru panik.

(Harap jangan ditiru... Tidak semua mahasiswa TF seperti ini.)

Tiap jurusan bisa memiliki tantangan dan kulturnya masing-masing. Beda fakultas, beda cerita. Kuliah di ITB memang kadang berat dari segi materi dan beban kuliah. Filosofi yang kami pegang: banyak main, jangan lupa belajar. Kadang harus serius belajar, kadang main. Yang penting seimbang agar tidak terlalu stres.

819 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Manoressy Tobias
Seorang skeptis. Banyak pikiran, banyak opini.