selasar-loader

Adakah kehidupan selain di bumi?

LINE it!
Answered Apr 06, 2017

Manoressy Tobias
Calon Peneliti, Pusat Sains Antariksa, LAPAN

EotdjqAYthRvMU3mncMJO8FwaHYlmEpk.jpg

via sawirawan.com (FR)

Mungkin tidak ada.

Mungkin juga ada. Tapi mungkin bentuknya tidak seperti yang kita bayangkan. Sejujurnya, kita tidak tahu pasti.

Carl Sagan pernah berujar, "extraordinary claims require extraordinary evidence". Menemukan kehidupan di luar Bumi adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Saya pribadi percaya bahwa mungkin saja ada kehidupan (atau sisa kehidupan) di luar Bumi. Tapi adanya kehidupan di luar Bumi? Kecuali ada bukti yang sangat kuat yang ditemukan, saya tidak akan percaya.

Sekarang anggaplah ada kehidupan di luar Bumi. Tugas kita adalah menemukannya. Kira-kira, di mana kita bisa mulai mencari?

u398qysmJyQ9bE8lwQxzKa2OfASVpHNh.jpg

via nextme.it (FR)

Foto di atas adalah Europa, salah satu satelit/ bulan milik Jupiter. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Bulan kita. Foto tersebut diambil dengan spacecraft Galileo milik NASA pada tahun 1996. Dari pengukuran gangguan medan magnet Jupiter di sekitar Europa, para ilmuwan memperkirakan terdapat fluida konduktif di bawah permukaannya. Karena komposisi utamanya es, kemungkinan fluida konduktif ini adalah samudera air dengan kandungan garam. Kita tahu bahwa air adalah syarat utama bagi kehidupan. Coba bayangkan kira-kira kehidupan seperti apa yang terdapat di dalam sana?

Kandidat berikutnya?

mgxvGUroBDARCq2dHE_ukw8jQSKn3xKc.jpg

via space-facts.com (FR)

Foto di atas adalah Titan, salah satu satelit/bulan milik Saturnus. Foto diambil oleh spacecraft Cassini milik ESA (European Space Agency) dan NASA pada tahun 2012. Permukaan Titan sangatlah dingin (sekitar -180 derajat celcius), sehingga batuan di sana terbuat dari es air. Titan juga memiliki danau; bedanya dengan Bumi, danau di Titan bukan berisi air, melainkan metana dan etana cair, yang pada dasarnya adalah LNG (Liquefied Natural Gas). Salah satu komoditas ekspor Indonesia ini tersedia langsung di permukaan Titan ;-)

Banyak ilmuwan berpikir bahwa hampir tidak mungkin ada kehidupan di Titan karena permukaannya kekurangan air dalam wujud cair. Tapi, .... we never know :-)

Selain kedua tempat itu, masih ada beberapa lagi di dalam Tata Surya kita. Bagaimana dengan di luar Tata Surya? Saudara Agus dan Reza sudah jelaskan di bawah. Carl Sagan pernah berujar, "Somewhere, something incredible is waiting to be known."

Mungkin saja ada kehidupan di luar Bumi. Kita tetap perlu mencari. Tentunya jangan lupa menghargai dan menjaga kehidupan bersama yang kita miliki di Bumi hari ini :-)

445 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Manoressy Tobias
Seorang skeptis. Banyak pikiran, banyak opini.