selasar-loader

Mengapa pada masa sekarang sangat sedikit penulis Indonesia yang memiliki kualitas layaknya Pramoedya Ananta Toer?

LINE it!
Answered Apr 04, 2017

jEhSyjcQI6L7GSQFz7oYrvVQYRgMybU3.jpg

via byethost5.com (FR)

Pramoedya Ananta Toer adalah seorang icon sastra Indonesia, seorang penulis sejati yang mampu mengeluarkan isi hatinya melalui sebuah tulisan dan merangkainya dengan indah.

Tulisan-tulisannya khas, bahasa sastra yang tidak terlalu sulit untuk dipahami namun sangat berkelas di saat yang sama. Selain itu beliau sangat berani untuk menulis apapun yang ingin beliau tulis, seolah hanya dalam menulislah tujuan beliau hidup. Tulisan-tulisannya merupakan isi suara hatinya, bahkan ketika dipenjara pun beliau masih menulis.

Namun sekarang mengapa sangat sedikit penulis Indonesia seperti Pramoedya Ananta Toer? Menurut saya karena Pramoedya adalah salah satu tokoh yang pantas untuk dijuluki 'one in a million', sulit sekali untuk menyaingi bahkan menyamakan karya jika disandingi dengan karya beliau yang begitu pure dan berani.

Terlebih lagi minat masyarakat untuk membaca karya sastra sudah semakin berkurang. Mayoritas gemar membaca buku dengan konten yang ringan dengan bahasa yang tidak mengandung metaphor. Hal tersebut membuat penulis/sastrawan pun juga semakin berkurang karena minimnya pembaca.

340 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored