selasar-loader

Perlukah regulasi batasan usia dalam Liga Indonesia?

LINE it!
Answered Apr 03, 2017

Shendy Adam
Eks sport journalist di Harian Merdeka

Hasil gambar untuk liga indonesia

Sumber gambar: https://indolah.com/ (SUM)

Saya tidak melihat urgensinya batasan usia diatur secara rigid dalam regulasi. Keputusan PSSI membatasi kepemilikan pemain dengan usia di atas 35 tahun maksimal dua orang tidak berdasar. Klub profesional pasti akan mempertimbangkan dengan matang sebelum merekrut pemain. Jelas mereka tidak ingin rugi keluar duit untuk pemain yang kontribusinya tidak maksimal. Atau justru sebaliknya, karena keuangan klub 'cekak' maka mereka memilih pemain 'veteran' yang nilai keekonomiannya sudah menurun. Persoalan berapa proporsinya terhadap jumlah skuat keseluruhan tak perlu diatur.

Usia tua tidak terus-menuru menunjukkan kualitasnya sudah menurun sehingga layak dipinggirkan. Siapa yang bisa membantah kehebatan Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, ataupun Andrea Pirlo yang 'merumput' hingga mendekati 40-an tahun. Tidak usah jauh-jauh, Christian 'El Loco' Gonzalez sudah menunjukkan dirinya belum puas menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Presiden belum lama ini.

Sementara itu, sebaliknya klub tak perlu diwajibkan memiliki pemain junior dengan jumlah tertentu. Jika ingin, PSSI bisa mewajibkan pemain harus memiliki akademi atau semacamnya yang merupakan mekanisme pembinaan berjenjang. Kemudian, menjadi kewajiban PSSI memfasilitasi terselenggaranya kompetisi periodik di level usia dini. Pemain muda yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata tentu mempunyai peluang untuk 'promosi' ke skuat tim utama lebih awal dibandingkan rekan-rekannya.

146 Views
Write your answer View all answers to this question