selasar-loader

Mana yang lebih baik? Buku fisik atau e-book?

LINE it!
Answered Mar 31, 2017

Tergantung kebutuhan.

E-book tentu akan sangat praktis untuk dibawa. Gawai pun kini sudah mampu menampung ratusan bahkan ribuan jenis e-book. Selain itu e-book bisa didapatkan dengan mudah. Untuk jenis e-book berbayar, biasanya akan lebih murah dari pada buku fisik. Selain itu, pun kini mulai banyak cara untuk mendapatkan e-book secara gratis. Tinggal bagaimana kejelian user mencari situs penyedia e-book tak berbayar tersebut.

 

svEJKV8V5X5wi2JiJX3I-37rDF_VIrCm.jpg

via natasebooks.com (FR)

Namun, e-book tentu memiliki kekurangan. Selain mendapatkan e-book secara cua-Cuma bisa disebut illegal, e-book ternyata juga memberi dampak kurang baik bagi kesehatan mata. Membaca e-book artinya menatap layar gawai cukup lama. Padahal sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa menatap layar gawai terlalu lama akan menyebabkan kerusakan pada mata.

 

3vAupr7GjtOiXr6I1SXME8EjmTK8xvJw.jpg

via kedaipena.com (FR)

Di sisi lain, buku fisik memiliki kelebihan berupa, somehow, perasaan khusus bagi pecinta buku saat mencium bau buku baru atau buku lawas. Selain itu, bagi pecinta buku, memiliki buku bentuk fisik yang memenuhi lemari juga adalah kebahagiaan tersendiri. Buku fisik juga memiliki sedikit kemungkinan untuk dibajak. Namun, tentu saja buku fisik memiliki kekurangan yang dapat ditutupi oleh e-book—kepraktisan.

Saya sendiri lebih menyukai buku fisik.

249 Views
Write your answer View all answers to this question