selasar-loader

Apa sumbangsih seni rupa bagi kehidupan dan mengapa Anda menggeluti bidang ini?

LINE it!
Answered Apr 03, 2017

n5Zx892pTSvbb_D0XWERJXhIxhIvKwL_.jpg


Tasri Jatnika
Dosen, Pengajar dan Pengamat Seni Rupa, Praktisi Graphic Recorder dan Penulis

jEG2sJzMFN3yFnb2hYCxXrQ831K0RaOD.jpg

via senirupasmasa.files.wordpress.com (FR)

Sumbangsih Seni Rupa pada kehidupan pada dasarnya membangun kesadaran tentang cara berkomunikasi yang efektif, unsur dasar Seni Rupa seperti titik, garis, bidang, ruang, bentuk dsb menjadi satu objek rupa (wimba) yang bisa menyampaikan informasi serta kesan emosi yang ditangkap oleh indera penglihatan.

Lukisan dengan gaya Abstrak Ekspresionisme diatas sepengetahuan saya karya John Martono, jika dilihat secara kasat mata mungkin tidak ada teks atau bagan wimba yang jelas, tetapi sebagai perupaan yang membawa pada rasa, maka lukisan diatas memberikan kesan suatu objek yang dinamis, semacam fluida bergerak dengan arah pola sebar yang acak, warna yang ditampilkan pun warna hangat seperti oranye, kuning (yellow chrome), merah (red carmine), kontras dengan warna dingin yang dominan biru (navy blue). pilihan latar putih memberikan kesan luas dan netral. 

Jika diamati dari situ kita mungkin akan lebih jauh lagi menggali motivasi seniman membuat karya, pemilihan teknis, gaya perupaan, bahkan sisi nilai filosofi dari pembuatnya. Semua akan sangat melebar dan beririsan dengan ragam keilmuan.

Tapi kesan dari lukisan diatas bagi saya seperti tampilan pribadi yang sangat mendambakan kebebasan, selalu bergerak, hangat, cair dan fleksibel, ada kesan 'kedalaman'  dan acak tapi tetap dominan dengan kesan ringan melayang.

Kesan dan rasa saja yang digunakan untuk memahami lukisan tersebut, jika sudah ke hal simbol dan filosofi berkarya , menurut saya itu hal yang bisa dipahami lebih dalam oleh disiplin ilmu yang lain.  

Awal ketertarikan saya di bidang Seni Rupa karena mengamati karya-karya Profesor Ahmad Sadali (alm), beliau salah satu role model yang bisa memberikan contoh format seniman yang bisa menyeimbangkan ilmu, skill teknis dan attitude, menurut saya tiga hal itu mendasar untuk menjadikan karya seniman tetap selalu berhubungan dengan realitasnya dan audiens pun dapat merasakan ekspresi dari dari karyanya.

391 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored