selasar-loader

Buku apa yang sangat spesial buat Anda?

LINE it!
Answered Mar 30, 2017

Buku apa yang begitu sangat spesial buat anda?


xC99EeWigqm3Vak67TZdgVvX_Q7SfdI4.jpg

Buku yang paling berkesan untuk saya adalah Totto-chan karya Tetsuko Kuroyanagi.

 

Buku ini mengisahkan kehidupan anak TK pada masa Perang Dunia II di Jepang, tentang bagaimana seorang anak kecil memandang perang. Hal yang menarik dari cerita buku ini adalah tentang sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah Totto-chan.

Tidak seperti sekolah formal lainnya, sekolah Totto-chan menerapkan cara belajarnya sendiri. Anak-anak bebas untuk memilih pelajaran apa yang akan mereka pelajari hari ini. Seorang guru di sekolah tersebut adalah teman bermain sekaligus fasilitator. Saya rasa, konsep sekolah seperti ini saat ini menjadi impian bagi sebagian pemerhati pendidikan. Hebatnya, konsep ini sudah ada pada masa tersebut.

 

Berlatar kisah nyata yang dialami penulis, Totto-chan belajar banyak hal tentang toleransi. Pelajaran tentang toleransi tersebut tidak hanya ia dapat dari bangku sekolah. Teman-teman Totto-chan yang memliki latar belakang yang berbeda-beda menyebabkan Totto-chan tidak pandang bulu dalam memilih teman.

 

Akhir dari buku ini cukup memilukan. Sekolah Totto-chan terpaksa tutup karena perang. Beberapa teman Totto-chan juga harus melarikan diri bersama keluarganya. Bagian ini menggambarkan dengan jelas bagaimana dampak perang terutama bagi anak-anak.

 

Selain hal-hal di atas, buku ini spesial bagi saya karena dahulu, Ibu saya adalah yang membelikan buku ini. Saat kami mengunjungi salah satu toko buku di Yogyakarta, tiba-tiba Ibu saya mengambil Totto-chan dan menyerahkannya pada saya.

 

“Kamu harus baca ini, bagus,”

 

Benar kata ibu saya, buku ini spesial. Saya paham mengapa Ibu saya memilihkan Totto-chan untuk saya. Dahulu, Ibu adalah seorang guru sekolah dasar. Ibu paham apa yang seharusnya diterapkan di sekolah untuk anak-anak. Ibu juga ingin agar putrinya menjadi berani seperti Totto-chan.

 

395 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored