selasar-loader

Bagaimana rasanya berkuliah di ITS?

LINE it!
Answered Mar 23, 2017

Izzuddin Baqi
Mahasiswa Transportasi Laut ITS 2016 | Blogger | Maritime-Concerned

JQyvnW_bUUiBzm2BfIz9sNlUtMV3iSM8.jpg

Tentunya, jawaban saya ini bersifat subjektif.

Untuk mantan murid SMA-SMA di Indonesia, barangkali diterima sebagai mahasiswa di kampus ITS adalah sebuah prestise tersendiri. ITS sendiri paling tidak masih menjadi universitas terbaik 10 besar se-Indonesia. Survei Dikti pada tahun 2015 menempatkan ITS di peringkat 5. Pada versi Webometrics, ITS berada di peringkat 10 se-Indonesia. 

Meski demikian, tetaplah terasa bahwa kampus teknologi ini ternomorduakan oleh hegemoni kampus teknologi yang berada di Bandung (ITB). Hal ini selanjutnya mengakibatkan pada nilai prestis yang tergerus di hadapan sekolah-sekolah SMA unggulan, yang notabene cenderung memiliki bibit-bibit yang mumpuni. Sesama kampus teknik, mereka akan lebih memilih yang kualitasnya cenderung lebih di atas, tentunya. Akhirnya, secara kualitas SDM, indeks kampus ITS hanya di kisaran 3,76, tertinggal di bawah IPB, UGM atau ITB, yang bernilai masing-masing, 4,00, 3,99, dan 3,93. (Dikti)

Hal ini membuat sebuah platform andalan ala kampus perguruan tinggi diperlukan. Jika UI boleh terkenal dengan kualitas lulusan FISIP-nya, atau IPB dengan kualitas pertaniannya, ITB dengan kampus tekniknya, ITS tidak mungkin menjadi sama dengan ITB dalam hegemoninya. ITS sendiri merupakan kampus yang berada di garda terdepan untuk pendidikan kemaritiman. Bahkan di visinya sendiri, secara jelas ITS menyatakan himmah-nya adalah untuk meningkatkan reputasi ilmu pengetahuan dan teknologi guna menunjang industri dan kelautan. Asas kemaritiman yang menjadi pangkal perguruan tinggi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa ITS. 

Urusan keteknikan pada umumnya, barangkali ada yang ternomorduakan, tapi jika soal kelautan, ITS tetap nomor satu. Vivat!

264 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Izzuddin Baqi
Mahasiswa Transportasi Laut ITS 2016 | Blogger | Maritime-Concerned