selasar-loader

Buku apa yang Anda baca minggu ini? Apa isi tinjauannya?

LINE it!
Answered Mar 22, 2017

Hari Nugroho
Bisa bahasa jawa ngapak

Y4grErgALfnHaG2cFa-_0vVuG3cwVSE2.jpg

Well, saya menjawab pertanyaan ini setelah dapat surat cinta dari admin, kok gak keliatan aktif di selasar? Hehehe maafkan om dan tante admin, lagi agak sibuk di sini.

Nah ditengah kesibukan dan kejenuhan yang melanda, minggu ini saya membaca kembali buku lama yang dibeli setahun lalu. Buku yang menurut saya menarik, bercerita tentang Indonesia dengan segala keunikannya dari sudut pandang orang Jepang!

Ya, orang Jepang... karena buku ini memang ditulis oleh orang Jepang bernama Hisanori Kato, yang kata Mohamad Sobary dalam kata pengantarnya disebut sebagai mahasiswa post graduate University of Sydney pada saat itu (sekarang Professor).

Menjadi menarik karena Kato San benar-benar mengalami dan menyelami pengalamannya di Indonesia. Bagaimana kemudian Kato San menjadi seorang guru di salah satu sekolah bergengsi sampai menjadi dosen di Universitas Nasional.

Hal yang kemudian membuat ternganga lagi adalah pengalaman Kato San menjadi seorang pengamen di bus-bus Blok M - Kota, karena juga menerapkan konsep "Sa' cukupe" yang dia temui di Jawa Tengah. Menurutnya konsep sa' cukupe ini menarik untuk diterapkan di Indonesia, konsep yang akan memberi harapan kepada manusia untuk menghadapi tantangan besar. Konsep ini tentu menitikberatkan bahwa seseorang tidak mencari selain kebutuhannya, dan merupakan kearifan lokal yang sangat berbeda dengan peradaban global yang bersifat materialistis.

Masih banyak lagi cerita-cerita yang ditulis oleh Kato San, semisal wawancara dengan Gus Dur, hingga pengalaman makan memakai tangan. Satu hal yang jelas buku ini memberi sudut pandang yang berbeda tentang apa itu Indonesia.

Penasaran dengan judul bukunya? Judulnya sangat mudah diingat, terlebih jika kita lama di luar negeri, yaitu Kangen Indonesia. 

Adakah anda Kangen Indonesia? :)

194 Views
Write your answer View all answers to this question