selasar-loader

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

LINE it!
Answered Nov 17, 2016

Arifki Chaniago
Pengamat Politik/Political Commentator

Menurut saya apa yang dilakukan Trump hanya sekadar kampanye. Keraguan saya akan realisasi janji Trump dilatar belakangi dengan Amerika yang sudah dikenal sebagai model toleransi dan penghargaan kepada perbedaan. Amerika mengalami kemajuan  dalam demokrasi setelah Obama berhasil menjadi presiden selama dua periode.

Pertaruhan janji Trump itu berhubungan dengan semangat dan ideologi yang sudah lama ditebarkan Amerika yang mengelu-elukan perbedaan. Trump membantah itu semua dengan merusak keyakinan itu dengan nasionalisme seragam.

Jika Trump merealisasikan janjinya, Amerika bukan lagi berdiri dengan jati dirinya, tetapi sudah mengarah kepada model kepemimpinan fasis yang bukan ciri khas Amerika yang dikenal negara lain selama ini.

 Selajutnya, soal memproteksi barang-barang AS dari pengaruh Tiongkok menurut saya sangat sulit. Karena, sudah jauh-jauh hari AS sudah kalah dengan Tiongkok. Dengan harga murah dan cepat memenuhi kebutuhan konsumen, AS akan kewalahan menghadang ekonomi Tiongkok.

303 Views
Write your answer View all answers to this question