selasar-loader

Apakah dengan netralnya Agus Harimurti Yudhoyono bisa merugikan Anies Baswedan yang semula berharap limpahan suaranya?

LINE it!
Answered Mar 22, 2017

Kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menganggap yang menggerus dan merebut suaranya sehingga ia terpental dari putaran pertama Pilkada adalah Anies Baswedan, di sisi lain kubu Anies sangat berharap limpahan suara AHY akan jatuh padanya karena dengan limpahan itu suara Anies akan unggul di putaran kedua. Dengan netralnya AHY, diperkirakan putaran kedua akan semakin seru dan sulit diprediksi siapa yang bakal keluar sebagai pemenangnya.

 

gtX23wjnsnOjGzkidVj_6XuM0uO80HGp.jpg


Arifki Chaniago
Political Commentator

onkJaOH46jG0uof42AZHkFXj8_4wicgc.jpg

Netralitas Agus Yudhoyono pada Pilkada DKI Jakarta putaran dua secara politik jelas merugikan Anies-Sandi. Kedekatan pemilih Agus dengan Anies dijadikan alasan bila dibandingkan pemilih Agus dengan Ahok. Makanya, Tim Ahok bahagia Agus netral pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. 

Bagi SBY (ayah Agus), penyesalan yang paling merugikannya adalah saat mendukung Anies-Sandi dan Ahok-lah yang menang. Tetapi, apabila mendukung Ahok dan Anies yang menang, posisi SBY tidak terlalu terancam. Namun, berpihak kepada salah satu pasangan calon jelas menunjukkan bahwa SBY tidak memiliki posisi tawar. Makanya, posisi netral yang dipilih SBY adalah bagian dari posisi aman sebagai presiden di masa lalu dan merupakan bagian dari persiapan untuk Agus pada 2019. 

273 Views
Write your answer View all answers to this question