selasar-loader

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

LINE it!
Answered Nov 17, 2016

Pada tanggal 8 November waktu setempat, Donald J Trump yang tidak diunggulkan mengalahkan pesaing kuatnya Hillary Clinton. Dunia mencemaskannya karena sikap rasis dan antiimigran yang ditunjukkan Trump selama masa kampanye.


Arifki Chaniago
Pengamat Politik/Political Commentator

Xh4MpAtywbFxxSGtS0IFGwoug5UGCxB6.jpg

via cnn.com

Terpilihnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) akan mengubah wajah dunia. Alasannya, Trump yang menang mengalahkan Hilarry lebih mengedepankan perasaan dibandingkan pikiran. Wajah dunia akan berubah dengan bedanya pendekatan Trump memahami demokrasi. Trump lebih menonjol dengan nasionalisme yang antiimigran, antimuslim, dan lain-lain yang saya sebut sebelumnya; memainkan perasaan. Sedangkan, toleransi lebih kepada rasionalitas (pikiran) sebagai icon demokrasi yang menghargai perbedaan.

Trump dengan sikap nasionalismenya itu akan mengubah politik dunia. Trump yang garis politiknya dekat dengan Duterte dan Putin akan berbeda jauh dengan pendekatan Obama kepada dua kepala negara Filipina dan Rusia ini.Setelah itu, pandangan negara Arab terhadap Trump (AS) akan berbeda setelah ia menduduki Gedung Putih pada Januari nanti, terkait kampanye Trump yang keras terhadap Muslim.

241 Views
sofandi achmad

saya kira nggak juga sebab USA adalah negeri yg sudah tertata manajemen kenegaraan nya ,tidak peduli siapa pun yg jadi presiden nya yg jadi acuan mereka adalah kepentingan negara mereka, sejarah telah mencatat banyak presiden amerika yg mati terbunuh atau "dibunuh" disebabkan mempunyai kebijakan atau pun policy yg akan menyimpang dari tujuan negara USA atau akan merugikan eksistensi negara tersebut  Jan 2, 2017

Aji Najiullah thaib

Karena masyarakat belum siap menerima pemimpin wanita  Dec 6, 2016

Write your answer View all answers to this question