selasar-loader

Apa yang membuat Surabaya nyaman untuk menjadi tempat tinggal?

LINE it!
Answered Mar 06, 2017

Tegar Hamzah
warga pendatang

mMPjxnnpyG8Bbbk_uhLsIPX5K9D4mER8.jpg

via wikimedia.org

Hidup saya setahun ini berkisar diantara tiga tempat, Gresik (kantor), Surabaya (rumah), dan Malang (rumah mertua). Masing-masing tempat punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Dalam hal kenyamanan tempat tinggal, di era serba cepat dan praktis ini, Surabaya memberikan kenyamanan bagi keluarga muda dan punya banyak keinginan. Dari segi ketersediaan sarana rekreasi, ruang terbuka hijau, dan taman-taman terbuka lumayan banyak. Ada Taman Apsari yang berada di depan Grahadi. Ada Taman Bungkul di Jalan Darmo. Ada skate park. Ada Pantai Kenjeran. Yang baru ada adalah air mancur menari di jembatan kenjeran.

Dari segi sarana transportasi, kendaraan online semacam gojek dan lainnya sangat membantu kenyamanan saya jika malas memakai dan membawa kendaraan sendiri, apalagi saat week end, momen parkiran mal penuh dengan warga Surabaya yang tumpah ruah.

Berbicara tentang mal, mal di Surabaya ada di berbagai sudut kota, tidak hanya terpusat di beberapa tempat saja. Di pinggiran daerah Surabaya utara, ada Mall Galaxy dan Pakuwon. Di pusat kota, ada Tunjungan Plasa. Mal-mal tersebut pun bisa jadi alternatif rekreasi yang praktis jika Anda malas berpanas-panasan di sarana rekreasi outdoor.

Harga rumah di Surabaya pun cenderung masih terjangkau, tentunya bukan Surabaya pusat kota sekitar Ngagel, Tunjungan, atau SMA kompleks (SMA-SMA unggulan di Surabaya, salah satunya SMA 5). Tapi, di Surabaya pinggir seperti sekitar Rungkut, MERR (Middle East Ring Road), dan Gununganyar. Harganya masih berkisar 200-400 juta.

Untuk pendidikan, ada banyak pilihan sekolah, baik negeri ataupun swasta. Kalau SMA, tentunya ada SMA 5 Surabaya. Sedangkan, untuk perguruan tinggi, ada dua kampus negeri besar dan terkenal di surabaya, yaitu Universitas Airlangga dan ITS.

Akses transportasi pun banyak macamnya untuk menuju Surabaya. Bandara Juanda jadi bandara tersibuk setelah Soekarno-Hatta, dan kereta api pun tersedia banyak ke berbagai tujuan.

Dan terakhir, yang paling nyaman, Surabaya tidak sepadat Jakarta, namun dengan fasilitas setara Jakarta. Jadi, kalau Anda ingin jalan-jalan memakai kendaraan pribadi, hal itu cenderung masih nyaman.

307 Views
Write your answer View all answers to this question