selasar-loader

Mengapa orang Sunda sangat sulit berbicara terus terang?

LINE it!
Answered Mar 02, 2017

Pepih Nugraha
Mengikuti perkembangan gaya hidup setelah membaca buku Jean Baudrillard

oD2ldjsakZsKuDUG3bgdSJoBegIMPJEJ.jpg

Karena saya manusia Sunda, yaitu orang Sunda yang dilahirkan di tatar Parahyangan dengan bahasa ibu Sunda, maka jawaban saya akan bernada pembelaan. Tidak semua orang Sunda sulit bicara terus-terang. Ada juga yang berterus-terang biar terang terus (kata sebuah iklan lampu). Jadi, jangan jadikan hal ini sebagai stereotype sebagaimana mengatakan "orang Padang pelit", "orang Batak keras" dan "orang Sunda malas" sebagaimana tergambar dari tokoh rekaan si Kabayan.

Bagi saya selaku manusia Sunda, adakalanya saya harus berbicara tidak terus terang, hanya menyangkut kebaikan atau untuk menjaga kehormatan seseorang. Saya tidak mungkin menjawab pertanyaan di depan orang ramai, misalnya, "Siapa yang berutang kepada kamu dan belum membayar sampai sekarang?" Saya kira karena menyangkut kehormatan orang lain, maka tidak hanya orang Sunda yang akan menyembunyikan identitas si pengutang itu demi menjaga kehormatannya. Terpaksa dia tidak berterus terang.

Tetapi jujur, sebagai orang Sunda, saya bisa untuk tidak berterus terang dalam berbagai hal. Menyangkut penghasilan, misalnya, saya tidak akan berterus-terang kepada siapapun. Ada pepatah yang mengatakan, "Pria menyembunyikan penghasilannya, wanita menyembunyikan usianya". Ada benarnya, karena saya merasa tidak semua hal harus diceritakan, tidak semua hal harus diceritakan secara gamblang atau terus terang.

Termasuk jika saya tahu rahasia Anda, saya tidak akan berterus terang kepada siapapun tentang rahasia Anda itu.

259 Views
Martina Mochtar

Nuhun... Karena lebih baik mendekati piduiteun dibanding piomongeun....  Mar 2, 2017

Pepih Nugraha

Sami-sami  Mar 2, 2017

Write your answer View all answers to this question