selasar-loader

Apa komentarmu mengenai logo Selasar.com dan Kumparan.com yang mirip?

LINE it!
Answered Feb 28, 2017

Hamdi Alfansuri
Pemerhati langit dan kota. Berdomisili di Bandung.

MhjkRSnhvF8-xl8qGOeMJZwMV8zOfD3g.jpg

Membaca pernyataan pada pertanyaan ini, saya akhirnya mencoba membayangkan bagaimana visual logo selasar.com dengan kumparan.com. Setelah saya coba bandingkan, ternyata begini hasilnya.

Sebenarnya, setiap logo merupakan simbol yang menjadi 'brand' atau wajah baru suatu produk, organisasi, maupun sebuah portal online. Jika melihat dari segi maksud yang muncul dari nama masing-masing portal dan penerjemahannya dalam visual, keterangannya ialah sebagai berikut:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, Selasar memiliki makna 'serambi' atau 'beranda'. Yang saya tangkap adalah selasar.com diharapkan dapat menjadi suatu portal tempat orang-orang bertemu, berkumpul dan saling berbagi gagasan. Sehingga pada awalnya diterjemahkan pada bentuk huruf 'U' terbalik yang menyerupai 'gerbang' atau pintu masuk menuju selasar yang dimaksud.

Sedangkan, kumparan memiliki makna 'hasil menggulung'. Yang saya tangkap adalah kumparan.com diharapkan dapat menjadi portal yang 'menggulung' dalam hal ini menghimpun berbagai berita dan peristiwa ke dalam satu 'kumparan' sehingga memudahkan pembaca menemukan banyak informasi. Kumparan pada umumnya identik dengan listrik dan gaya magnet sehingga diterjemahkan dalam bentuk visual menyerupai magnet pada huruf 'u'.

Sepintas, mungkin memang benar apabila kita memperhatikan bentuk 'gerbang' pada selasar dan huruf 'u' pada kumparan memiliki gubahan bentuk yang mirip. Selain itu, bentuk visual huruf yang digunakan pada logo kumparan dan logo baru selasar tergolong dalam satu kelompok yang membawa kesan fleksibel dan santai walaupun berbeda jenis hurufnya. Ditambah lagi, kedua produk sama-sama mengangkat nuansa warna biru menjadi identitasnya sehingga tidak heran apabila muncul pernyataan, "logo selasar.com dan kumparan.com yang mirip".

Lalu, bagaimana menurut Anda?

484 Views
Write your answer View all answers to this question