selasar-loader

Apa analisa Anda mengenai kunjungan Raja Salman ke Indonesia?

LINE it!
Answered Feb 28, 2017

2nGz3ZvSUpkojJtbGlwAyuj7Giiu4w1v.jpg


Arifki Chaniago
KMS KKI WARSI

0OUv8RiDIEcp9bR64CS5u33PPPnKV2cX.jpg

Kedatangan Raja Salman, Arab Saudi, ke Indonesia jelas berhubungan dengan urusan ekonomi, meskipun banyak yang beranggapan kedatangan Raja Salman erat kaitannya dengan kondisi umat Islam yang ikut serta pada demo 411 dan 212. Raja Salman pergi Indonesia membawa uang dalam jumlah besar untuk investasi. 

Jika ada yang mengasumsikan bahwa ini adalah bentuk perjuangan Raja Salman kepada umat Islam di Indonesia, secara bilateral hubungan Indonesia-Arab Saudi, hal ini tidak logis. Tetapi, jika ini upaya Arab Saudi dalam menunjukkan posisi tawar bahwa negaranya bisa menggoyang dominasi Tiongkok atau Barat di Indonesia, itu bisa dibenarkan: ekonomi. 

Menurut saya, kekuatan negara luar untuk Indonesia selain ekonomi adalah pemikiran yang berkembang setelah negara itu banyak berbuat kepada Indonesia. Jika kita mengkuti kedekatan Indonesia dengan Amerika, Tiongkok, dan Arab Saudi ada intelektual yang memperjuangkan negara ini pada level akademis: mempengaruhi publik dengan gagasan-gagasan ilmiah. 

Bagaimanapun model bungkusannya, tidak bisa dipungkiri bahwa modusnya sama, yakni ekonomi. Jadi bagi pemuja Tiongkok, Amerika, dan Arab Saudi, maka sewajarnya saja memahami hubungan negara-negara ini dengan Indonesia. 

266 Views
Zulfian Prasetyo

Enlightening. Great!  Mar 1, 2017

Write your answer View all answers to this question