selasar-loader

Apa yang dibutuhkan Indonesia ke depan?

LINE it!
Answered Feb 28, 2017

Arifki Chaniago
Pengamat Politik/Political Commentator

Sertifikasi Politisi

IG7u6MVjGAUfk15vZbNASB5WXnOczFAL.jpg

Di masa depan, Indonesia membutuhkan banyak hal agar bisa maju. Indonesia harus bisa menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Tidak hanya unggul dengan ilmu-ilmu teknis—bidang-bidang sosial kemasyarakatan—penting untuk diperhatikan.

Bidang-bidang seperti hukum, ekonomi, politik dan budaya, misalnya, sejak awal dilakukan reformasi, sehingga orang yang mengelola dan menampati bidang-bidang ini. Saya tidak bermaksud menyepelekan jurusan lain, tetapi bagusnya peran serta ilmu lain untuk membangun Indonesia akhirnya dirusak juga dengan tidak tersedianya ahli politik, hukum, ekonomi, dan budaya yang mumpuni. 

Kemajuaan bangsa dinodai dengan mudah oleh orang-orang yang berada pada posisi kekuasaan. Soal perizinan, aturan, undang-undang, dan anggaran. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari peran-peran jurusan sosial: untuk mempersiapkan Indonesia di masa depan agar maju. 

Orang-orang yang ditempatkan sebagai politisi, misalnya, harus memiliki sertifikasi politik agar tidak semua orang bisa jadi politisi: dengan bermodalkan uang banyak, dinasti, dan lain-lain, ia bisa menjadi politisi tanpa memiliki gagasan yang jelas. 

Jangan hanya dokter, pengacara dan bidang khusus lainnya yang diberikan ujian khusus untuk menempati posisinya. Politisi pun perlu diberikan ujian ini, agar kebijakan yang dikeluarkannya melalui kekuasaannya tidak bertentangan dengan nilai yang seharusnya dijalankan politisi. 

Sebagai ilmuwan politik, saya cukup berkeberatan dengan banyaknya orang yang masuk dunia politik praktis tanpa gagasan yang jelas. Modal darah biru, uang, dan dukungan pengusaha yang berkepentingan dalam hal posisi tawar kekuasaan yang didapatkannya nanti. 

Bebasnya semua orang untuk menjadi politisi tanpa latar belakang yang jelas, tak juga bisa membebaskan saya dan yang lain untuk menjadi dokter, pengacara, dan lain-lain. Posisi ini perlu diperjelas agar dunia politik praktis tidak hanya dijadikan lahan coba-coba dan ladang pendapatan, tetapi memang diisi oleh orang-orang dengan keahlian memahami kondisi negara. 

 

282 Views
Write your answer View all answers to this question