selasar-loader

Siapa 3 penyanyi perempuan Indonesia favoritmu? Kenapa kamu memilih mereka?

LINE it!
Answered Feb 28, 2017

Syaifuddin Sayuti
Happy Holiday...

1. Vina Panduwinata

iA-kHoJwsZYnN72rEfE4-PyLdT3BPCTm.jpg

Penyanyi ini belum tergantikan di belantika musik Indonesia. Saya mengenal suaranya sejak di album pertama. Dia punya ciri khas yang tak dimiliki penyanyi perempuan Indonesia lainnya. Ada desahan khas yang membuat Vina dijuluki penyanyi bersuara seksi.

Lagu pertamanya, Citra Biru, membuat nama Vina menjulang di dunia musik pop nasional. Dia membawa nafas baru di dunia musik pop saat itu. Setelah Citra Biru, muncul albumnya yang lain seperti Citra Pesona dan Citra Ceria yang berisikan lagu-lagu mellow khas Vina.

Suaranya yang bagus dan gaya menyanyinya yang cenderung centil di masanya membuat banyak penyanyi pria yang mengajaknya berkolaborasi. Tercatat nama-nama seperti Broery Marantika yang berkolaborasi dengannya melalui Bahasa Cinta, kemudian Harvey Malaiholo dengan Begitulah Cinta, hingga dengan sang legenda Chrisye yang membawakan Kisah Insani.

Vina juga termasuk sosok yang hokinya bagus di ajang festival. Beberapa gelar lomba atau festival lagu kerap disabet oleh Vina. Bahkan, ia pernah menang di Jepang dengan lagu Burung Camar yang kemudian menjadi 'gelar' di tengah namanya lantaran populernya lagu tersebut.

 

2. Nicky Astria

lHb5HXa_fhRk_itI8Rc6TLetN_Aigyos.jpg

Nicky Astria mungkin adalah sosok yang banyak orang tak lagi tahu jejaknya karena lama tak muncul mengeluarkan album atau bernyanyi di televisi. Namun, para penikmat musik Indonesia di tahun 80-an pasti ingat akan sosoknya. Suara melengking tinggi namun tetap enak terdengar kerap menghiasi layar kaca TVRI. Nicky memang penyanyi rock dengan gaya berbeda. Kalau penyanyi rock pria terkesan amburadul penampilannya, Nicky adalah kebalikannya.

Nicky tampil cantik, santun, dan sopan. Kelak, ia jadi trendsetter penyanyi rock Indonesia yang memiliki style berbeda dari kebanyakan penyanyi rock sebelumnya.

Lagunya yang paling fenomenal adalah Jarum Neraka yang diciptakan oleh Ian Antono, personil grup musik rock God Bless. Lagu itu menghantarkan nama Nicky Astria sebagai lady rocker yang belum ada bandingannya di Indonesia.

Gaya dan penampilan Nicky di panggung musik konon mengilhami Tantri, vokalis grup musik rock Kotak.

 

3. Rossa

O-FrIYneEdfD05rkJOkRx_oUjrr0H29S.jpeg

Dari generasi yang lebih kekinian, saya pilih Rossa. Penyanyi bertubuh mungil dari Sumedang ini adalah sedikit dari artis penyanyi yang karier keartisannya terus menanjak, meski tidak langsung melesat. Di tiap waktu tertentu, Rossa kerap menghasilkan hits yang bisa membuat penggemar musik ikut menyanyikannya.

Tampil pertama dengan Nada-nada Cinta saat selepas SMA dan awal kuliah di Universitas Indonesia, penampilan Rossa sudah mencuri perhatian pengamat musik. Meski cukup terkenal, namun lagu ini tak lantas membuat Rossa berada di puncak ketenaran. Apalagi, saat itu Rossa masih asyk dengan kegiatan kampusnya.

Puncak ketenaran Rossa adalah saat ia membawakan lagu Tegar karya Melly Goeslaw. Lagu itu jadi masterpiece Rossa dan sekaligus menjadikannya berjodoh dengan karya-karya Melly Goeslaw. Setelah itu, Rossa beberapa kali juga sukses dengan lagu-lagu Melly Goeslaw yang entah kenapa umumnya dibuat untuk soundtrack film layar lebar.

216 Views
Write your answer View all answers to this question