selasar-loader

Apa 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Ende?

LINE it!
Answered Feb 23, 2017

Mhd Fadly
Traveling tanpa modal

LZ3pBQwm4YGlV2ciusTjeghekcpr3JeA.jpg

via katawarta.com

Jika diminta untuk menyebutkan 5 tempat di Ende, saya rasa saya tidak mampu untuk menyebutkan ke lima tempat tersebut. Emang Ende punya 5 tempat wisata?

Berkunjung ke Ende bagi saya lagi-lagi merupakan traveling tanpa modal sembari melakukan penelitian di lapangan. Saya dapat menikmati alam Indonesia tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Saya berkunjung ke Ende bersama CEO Selasar, Miftah Sabri.

Ende adalah sebuah kota yang terletak di Pulau Flores, satu dari tiga pulau besar yang dimiliki oleh provinsi Nusa Tenggara Timur. Kunjungan saya ke Ende lebih tepat adalah perjalanan panjang menyusuri pulau Flores dari ujung barat ke ujung timurnya. Dari Labuhan Bajo ke Maumere.

Perjalanan dari Labuhan Bajo (tempat transit untuk mengunjungi Pulau Komodo) dimulai pada pagi hari hingga memasuki Ende menjelang pergantian malam. 

Yang menarik adalah kunjungan ke Rumah Pengasingan Presiden Pertama Soekarno; rumah sederhana, hanya terbuat dari kayu yang berada di pinggiran pantai berkarang dan berbatuan besar. Suara ombak yang menderu-deru menghempas bebatuan karang di pinggiran pantai adalah relaksasi pikiran. Hingga sebuah pernyataan dari CEO Selasar sebagai teman perjalanan ketika itu yang masih saya ingat adalah, "Tidak salah Soekarno dapat menghabiskan buku dan menuliskan pergerakannya walau dia berada dalam pengasingan, karena tempat ini sangat cocok untuk membuka pemikiran, melihat lepas pantai nun jauh di sana lautan terbentang sambil mendengarkan keindahan musik alam milik pencipta-Nya."

Selain Rumah Pengasingan, walau tidak sepat mengunjunginya, di sekitar Ende terdapat juga kampung wisata primitif di sekitar Routeng. Di Ende juga terdapat Danau Kelimutu, tiga danau kawah di atas gunung yang setiap danaunya berbeda warna.

330 Views
Write your answer View all answers to this question