selasar-loader

Apa yang harus dipersiapkan saat akan bepergian menggunakan kereta api dan mengapa hal itu penting?

LINE it!
Answered Feb 19, 2017

Rininta Ariastyanti
Bepergian dengan KAI 10 kali tahun ini

Xn8_QWMesBog3fG7mdJ5bjWHrML2fhG2.jpg

Setahun terakhir, saya sering bepergian dengan kereta api. Boarding Pass saya hampir mencukupi untuk bisa ditukar tiket gratis. Menyenangkan untuk bisa pergi kemana saja tanpa macet, apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Ini hal-hal yang sebaiknya disiapkan ketika akan bepergian dengan kereta api:

1. Pisahkan barang berharga

Bagi Anda yang bepergian jauh dan perlu membawa koper atau travelling bag besar, lebih baik pisahkan barang berharga Anda dari koper. Hal ini karena koper atau travelling bag anda akan diletakkan di kabin atas, dimana pengawasan anda lebih minim apalagi ketika anda tertidur. Gunakan tas tangan atau tas pinggang untuk menyimpan barang berharga anda dan jangan lepaskan tas tersebut dari anda. Jika memungkinkan, taruh koper anda di kabin atas seberang tempat duduk anda. Ini memudahkan anda untuk mengawasi koper anda dibanding ditaruh tepat di kabin atas anda.

2. Bawa Kartu Identitas

Kartu ini diperlukan untuk check in ke kereta Anda. Di kereta tertentu, kartu identitas juga dipakai petugas yang membolongi tiket anda untuk mencek identitas penumpang. Kesesuaian nama penumpang dengan nama Anda di kartu Identitas sangat penting karena ini salah satu cara Kereta Api Indonesia membasmi calo tiket. 

3. Charger Gadget

Kereta Api di seluruh kelas kini sudah dilengkapi dengan stop kontak di seiap baris duduk kereta. Jadi bagi smartphone user yang tidak ingin mati gaya di tengah perjalanan belasan jam, siapkan charger gadget di tas kecil anda.

4. Makan dan Minum yang Cukup

Pastikan anda membawa air minum dan snack atau bekal yang cukup jika akan menghabiskan belasan jam di kereta. Kereta Api Indonesia menyediakan makan dan minum di dalam kereta, tetapi menu yang disediakan sangat terbatas. Bahkan saya pernah hanya mendapat pilihan popmie dan kopi pada kereta ekonomi jarak jauh. Kereta Api memang akan berhenti lama di stasiun tertentu tetapi tidak semua stasiun memiliki tempat jajan. Lebih baik bersiap untuk kemungkinan terburuk.

5. Pakai jaket dan Kaus Kaki

Sepanas apapun kota tujuan anda, di kereta api anda akan merasa kedinginan karena semua kelas sudah dilengkapi dengan AC. Apalagi jika anda memilih kereta malam. Gunakan jaket, celana/rok panjang, dan kaus kaki untuk mengurangi dinginnya AC kereta api.

6. Sedia Tisu

Pengalaman terburuk saya ketika naik kereta api adalah air yang tidak berfungsi di toilet kereta api. Lebih baik sedia tisu untuk mempersiapkan kemungkinan hal ini terjadi pada Anda. Selain itu, tisu juga menjadi pilihan efektif untukmembersihkan tangan setelah makan di kereta agar anda tidak perlu bolak-balik ke toilet yang wanginya membangunkan indera keenam anda.

Sekian beberapa tips dari saya, semoga perjalanan anda aman dan menyenangkan!

342 Views
Write your answer View all answers to this question