selasar-loader

Apa kriteria sekolah dasar (SD) terbaik menurut Anda?

LINE it!
Answered Feb 18, 2017

Rohani Elita
Pendidikan itu penting

lOglzRgSwKzjlkQaV_b-44TqRckppnON.jpg

via liputan6.com

Berbicara soal kriteria Sekolah Dasar (SD) terbaik tentu tidaklah terlalu sulit. Kita tinggal menyebutkan saja hal-hal penting dengan kualitas terbaik yang harus dimiliki oleh sekolah, khususnya sekolah dasar (SD). Siapapun mungkin mudah untuk sekedar memberi saran bahwa kalau mau ingin membangun sekolah terbaik, maka sekolah tersebut harus memiliki fasilitas, murid, dan guru-guru yang terbaik pula.

Memiliki sarana dan prasarana (fasilitas) yang baik bahkan aman dan nyaman jelas menjadi penting bagi sebuah sekolah dasar. Lihat saja tidak sedikit sekolah dasar (SD) yang kualitas bangunanya saja belum baik, sudah berpuluh-tahun, atau bahkan hampir roboh.Sementara itu, soal murid dan guru jelas menjadi bagian yang tak terpisahkan jika ingin menjadikan sekolah itu terbaik. Guru yang berkualitas dan sudah selesai dengan dirinya tentu akan lebih profesional dalam mengajar siswa. Guru profesional dan berkualitas merupakan ujung tombak dalam memajukan dunia pendidikan (Rohani, Distribusi Guru Berkeadilan, Kompas).

Namun yang jadi masalah, banyak sekolah khususnya sekolah dasar masih belum merata kualitasnya. Mungkin jika harus menyebut terbaik, jelas saja sekolah-sekolah dasar (SD) diperkotaan jauh lebih baik dan unggul dibandingkan dengan sekolah-sekolah dasar dipedesaan apalagi di daerah 3T (Terdepan Terluar Tertinggal). Dengan adanya kesenjangan dalam dunia pendidikan ini, maka wajarlah muncul kelas-kelas dalam dunia pendidikan disertai predikat-predikat tertentu.

Apakah hal ini yang terus mau kita pertahankan? Itulah sebabnya bagi saya pemerataan pendidikan adalah jalan keluarnya. Karena itu menurut saya, ada baiknya kita tidak perlu lah harus mengklasifikasikan mana sekolah terbaik dan mana sekolah terburuk. Apalagi untuk sekolah dasar (SD).

Sekolah boleh berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Namun pemerintah juga harus bekerja keras untuk menjadikan seluruh sekolah khususnya sekolah dasar di Indonesia ini menjadi sekolah terbaik pula. Tapi mungkin karena persoalan dana dan terlalu luasnya negeri kita ini, membuat pemerintah kita selama ini belum mampu dalam melaksanakan pemerataan pendidikan.

Tahun ini Indonesia memasuki usia kemerdekaan yang ke-72, semoga pemerintah mampu lebih baik lagi melakukan pemerataan pendidikan hingga seluruh sekolah khususnya SD di Indonesia layak mendapat predikat terbaik.

328 Views
Write your answer View all answers to this question