selasar-loader

Apa yang harus dipersiapkan saat akan bepergian menggunakan pesawat terbang dan mengapa hal itu penting?

LINE it!
Answered Feb 16, 2017

TELrqs244BoB0ZLgHl_OVlfDscO59d8s.jpg

via busanhaps.com

Pesawat yang pertama kali saya naiki adalah pesawat jenis turboprop dengan suara yang amat sangat bising. Apalagi, guncangannya amat sangat terasa sekali. Buat oang yang baru pertama kali naik pesawat langsung disuguhi suara bising baling-baling pesawat, saya memang harus lebih cepat beradaptasi.

Caranya tentu saja dengan menutup telinga dan berusaha untuk menikmati perjalanan dengan mendengarkan musik atau dengan cara tidur. Saya yakin akan sulit untuk membaca pada pengalaman pertama.

Beberapa orang menyarankan untuk membawa permen, meskipun terkadang beberapa pesawat pun menyediakan permen. Gunanya agar bisa menyeimbangkan tekanan di telinga dengan perubahan tekanan di dalam kabin pesawat akibat perubahan ketinggian.

Cara seperti ini dilakukan pula saat diving. Saat diving bisanya dilakukan dengan cara menelan ludah atau menggerakkan rahang sambil menutup hidung. Cara seperti itu bertujuan untuk equalisasi, menyeimbangkan tekanan di luar dengan tekanan di dalam telinga.

Banyak cara untuk equalisasi. Pada anak-anak yang masih kecil, di bawah tiga tahun atau lima tahun, equalisasi biasanya dilakukan dengan cara memberikan susu. 

Namun jika anak-anak sedang tidak mau menyusu, biasanya pramugari akan memberikan pertolongan dengan cara memberikan uap pada kedua telinga sebagai salah satu cara menyeimbangkan tekanan.

Cara equalisasi sebetulnya cukup sederhana: tarik nafas, pencet hidung dengan mulut tertutup, kemudian alirkan udara ke telinga. Jika belum bisa juga, cobalah untuk menelan ludah atau minum seteguk air.

Nah, mungkin ini salah satu teknik yang harus sedikitnya diketahui sebelum pertama kali naik pesawat agar tidak merasakan kesakitan pada telinga saat terjadi perubahan tekanan di udara.

359 Views
Write your answer View all answers to this question