selasar-loader

Siapa tiga penyanyi pria Indonesia favoritmu? Mengapa kamu memilih mereka?

LINE it!
Answered Feb 11, 2017

Syaifuddin Sayuti
Happy Holiday...

Penyanyi pria favorit saya tak banyak, namun dari yang tak banyak saya menyenangi beberapa orang. Saya campurkan nama kekinian dan jaman dulu. Masing-masing tak bisa diperbandingkan karena masing-masing punya karakter tersendiri.

1. Utha Likumahua

Penyanyi asal Ambon dengan nama asli Doa Putra Ebal Johan Likumahuwa ini sudah almarhum, namun suara emasnya masih kerap berlarian di ruang dengar saya. Awal kehadirannya di belantika musik Indonesia ditandai dengan album "Nada & Apresiasi" yang memunculkan hits Tersiksa Lagi dan Rame-rame bareng musisi Christ Kayhatu. Nama terakhir itu bisa jadi merupakan tokoh di balik kemunculan Utha Likumahua.

Lagu Rame-rame menempatkan Utha sebagai penyanyi Ambon Jazz, sebuah genre yang sebelumnya tidak dikenal publik. Namun nama Utha menjulang berkat best hits-nya di album Bersatu Dalam Damai yang memunculkan lagu hits dengan judul sama serta lagu Esok kan Masih Ada.

Lagu Utha sendiri yang paling berhasil menerobos sekat jenis musik adalah lagu Sesaat Kau Hadir yang merupakan lagu dalam Festival Lagu Pop Indonesia 1987. Melalui lagu ini, nama Utha dikenal bukan hanya oleh penikmat musik Jazz dan pop kreatif, namun lebih meluas lagi. Utha meninggal tahun 2011 setelah menderita stroke.

https://youtu.be/ehNeBDM1LN4

 

2. Chrisye

Penyanyi bernama asli Chrismansyah Rahadi ini adalah satu dari sedikit legenda musik yang lagu-lagunya abadi sepanjang masa. Ia lebih dikenal sebagai penyanyi rekaman, karena lagu-lagunya cocok didengarkan di kaset atau piringan hitam. Sementara aksi panggungnya membosankan. Namun karena memiliki kekhasan dan kekuatan suara, aksi panggung Chrisye yang minimalis tetap membuat penggemarnya betah menyaksikan konsernya.

Lagu yang dahsyat dan abadi dari Chrisye adalah Lilin-lilin Kecil karya James F.Sundah. Lagu ini memiliki kedalaman syair yang luar biasa sehingga mampu menembus telinga lintas generasi. Musiknya yang sederhana dan terkesan minimalis menambah kuat syairnya.

Selain Lilin Kecil, lagu Chrisye di album soundtrack film Badai Pasti Berlalu juga merupakan masterpiece-nya. Di album ini, Chrisye tidak sedang menyanyi, namun ia sedang berkomunikasi dengan pendengar lewat lagu-lagunya. Begitu pula di lagu Sabda Alam yang sangat Chrisye itu.

Album lain dari Chrisye yang juga punya pesan kuat bagi penggemarnya adalah saat ia berkolaborasi dengan Jockey Suryoprayogo dan Erros Djarot. Itu di album Metropolitan. Chrisye dan Erros Djarot banyak bercerita mengenai situasi kekinian paada masa itu (80-an) saat dekadensi moral melanda anak muda Indonesia. Dengan kepiawaian Erros memotret kondisi sosio ekonomi waktu itu, Chrisye berhasil mengirim pesan dengan sangat baik soal resesi ekonomi, malam pertama, dan lain-lain.

Chrisye meninggal tahun 2007 setelah mengidap penyakit kanker paru-paru.

https://youtu.be/xFfe6r1Zv9M

3. Tulus

Ini penyanyi yang sekarang sedang mendaki masa kejayaan di belantika musik tanah air. Belum banyak karya yang dihasilkannya. Namun bagi saya, ia sosok yang istimewa, mampu menciptakan pasar sendiri tanpa terbawa arus musik Indonesia yang selera pasarnya sulit ditebak itu.

Tulus mencuat pertama kali melalui lagu Sepatu yang bercerita tentang sebuah hubungan laksana sepatu. Lagu ini bertahan cukup lama di banyak chart musik tanah air dan meraih penghargaan di beberapa ajang musik. Kekuatan lagu Tulus ada pada liriknya yang tak biasa. Ia kerap bermain-main dengan syairnya, membuat metafora-metafora yang unik.

Misalnya, saat orang berpikir soal hubungan cinta, di masyarakat kerap berkembang sebuah ujaran terimalah pasanganmu apa adanya, baik buruknya itulah dia. Namun Tulus memilih yang berbeda, ia meminta pasangannya tidak mencintainya apa adanya. Karena apa adanya seolah tanpa usaha. Ia malah meminta challenge dari pasangannya agar hubungannya tetap langgeng. Ini termuat di lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya.

Selain tentang hubungan cinta, lagu-lagu tulus banyak bercerita mengenai kisah kesehariannya, yang berkisar pada persahabatan, memori lawas, memori masa lalu.

https://youtu.be/QqJ-Vp8mvbk 

185 Views
Write your answer View all answers to this question