selasar-loader

Menurut Anda apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Teknik untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan teknologi berkelanjutan di Indonesia?

LINE it!
Answered Aug 12, 2017

[Sayembara Selasar]

Seperti yang dilansir oleh http://industri.bisnis.com, peringkat kualitas infrastruktur di indonesia masih sangatlah kurang. Global Rangking Logistic Performance Index (LPI) yang dikeluarkan World Bank 2016, indeks kualitas infrastruktur Indonesia berada di peringkat 63, mengalami penurunan peringkat dibandingkan tahun 2014 yang berada di peringkat 53. Tentu saja, untuk menyelesaikan persoalan ini, bidang teknologi dapat memberikan andil yang cukup besar. Menurut kamu, apa yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa Teknik untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

Ketentuan:

- Hanya untuk Anagata dari Fakultas Teknik

- Minimal 200 kata

- Diwajibkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa FT UI 2017.


Alya Irma
Mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Menurut saya, Mahasiswa Fakultas Teknik di Perguruan Tinggi dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk agenda pembangunan Indonesia. Sebagai bagian dari kelompok negara berpenghasilan menengah dan berteknologi menengah ke bawah, Indonesia sudah mulai mencapai jenjang teknologi yang lebih tinggi dan memfasiltasi asimilasi teknologi dengan menjadi lebih terbuka, mempromosikan industrialisasi, membangun infrastruktur dan meningkatkan industri manufaktur. Namun, kapasitas untuk melakukan inovasi masih sangat lemah. Dalam konteks ini, salah satunya mahasiswa Fakultas Teknik di Perguruan Tinggi dapat memainkan peranan penting dalam mendukung peningkatan daya saing dan pertumbuhan karena pendidikan tinggi menyediakan keterampilan dan penelitian tingkat tinggi untuk menerapkan teknologi saat ini maupun mengasimilasi, menyesuaikan dan mengembangkan teknologi-teknologi baru. Keterampilan dan penelitian merupakan dua faktor pendorong produktivitas. Sebagai seorang mahasiswa Fakultas Teknik yang berpendidikan tinggi sangat diharapkan oleh perusahaan Indonesia. Perusahaan membutuhkan pekerja yang memiliki keterampilan teknis, perilaku dan berpikir dalam rangka meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan perusahaan. Dan perusahaan juga membutuhkan pekerja yang memiliki keterampilan di bidang sains, teknologi, rekayasa dan matematika (STEM). Agar Indonesia dapat bertumbuh lebih cepat dan mencapai pendalaman teknologi yang berkelanjutan, ada dua prioritas utama yang nyata untuk pendidikan tinggi yaitu mengatasi kesenjangan keterampilan dengan menjaga cakupan, meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Fakultas Teknik yang berpendidikan tinggi dan meningkatkan inklusivitas dan meningkatkan penelitian yang relevan dengan kebutuhan ekonomi di beberapa universitas atau jurusan.

Alya Irma Safira_1706020295_FT_Wikramawa09

263 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored