selasar-loader

Bagaimana cara menghitung valuasi (nilai) pada sebuah perusahaan digital?

LINE it!
Answered Aug 12, 2017

Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

http://kiosusaha.com/wp-content/uploads/2015/12/Bisnis-Mudah.jpg

Ask to answer from Selasar. Oke dee.

Kalau saya jadi investor, maka dasar valuasi adalah Model Bisnis. 

Model bisnis seperti apa? Jadi begini, semakin mutakhir kehidupan, maka semakin banyak dan bertumpuk masalah. Banyak orang semakin terjebak dengan dunianya yang parsial. Semakin keras usaha untuk merunut dan menghimpun masalah, semakin bingung untuk memilih prioritas penyelesaian masalah. Prosedur-prosedur baru bermunculan dan celakanya malah menambah masalah baru, paling tidak membuat orang ruwet dengan prosedur itu sendiri.

Digital startup makin ke sini makin bingung dan tertukar antara alat dan matlamat. Digital adalah bagian dari alat, matlamatnya adalah penyederhanaan dan penyelesaian masalah kehidupan. As simple as that!

Jadi, valuasi tertinggi adalah sebagai berikut.
1. Bisnis model yang mampu mengatasi persoalan sebesar-besarnya dengan cara yang sesederhana mungkin.
2. Bisnis model yang integrated: ada produk, ada platform, ada solusi -berhimpun semua model terkait tapi simpel implementasinya, ada impact, ada cycle, ada konversi, ada saling support.
3. Bisnis model dua alam: online dan offline, bagaimana caranya meramu keseimbangan peran antara platform dan manusianya.

Jadi, konkretnya bagaimana? Ciptakan bisnis model yang barter value, meningkatkan kemampuan daya beli, memberikan kepastian pendapatan, peluang pekerjaan massive, siklus produksi-distribusi-pemasaran. Jadikan semua user dapat berperan sebagai konsumen-pedagang-produsen. Dasarnya adalah setiap manusia untuk hidup, baik langsung maupun tidak pasti akan saling memerlukan dan berketergantungan. Di bokmark, ya. Mahal ini idenya. heuheu.

Sumber gambar: www.paisatown.com

573 Views
Write your answer View all answers to this question