selasar-loader

Apa kenangan terindah yang Anda miliki selama hidup yang tak mungkin Anda lupakan?

LINE it!
Answered Feb 05, 2017

N2BsMkPN4cV_QQ-n5zVcKtgh1HmswvIW.jpg

Setiap orang memiliki sejumlah kenangan indah. Tetapi, ada satu di antara kenangan-kenangan itu yang merupakan kenangan terindah. Karenanya, kenangan terindah ini hanya satu peristiwa, apakah itu kenangan terindah saat dilamar, saat menikah, saat memiliki anak, saat lulus sekolah, saat diwisuda, saat mendapatkan pekerjaan yang pertama, atau kenangan terindah lainnya versi Anda sendiri.

Ada dua kaos Selasar versi baru tersedia untuk Selasares (pengguna Selasar); masing-masing untuk jawaban atas pertanyaan ini yang dinilai paling baik dan satu kaos lagi untuk jawaban paling banyak mendapatkan Like di Selasar (pastikan teman-teman Anda dibujuk untuk datang ke Selasar dan memberi Like). Menyematkan foto atas kenangan terindah Anda sangat menguatkan jawaban.

Silakan rekan-rekan Selasares terhormat berbagi Pengetahuan, Pengalaman dan Wawasan atas pertanyaan ini. Jawaban untuk lomba hanya berlaku tiga hari, tanggal 3 Februari 2017 hari ini hingga Minggu, 5 Februari 2017.

Teruslah berbagi Pengetahuan, Pengalaman dan Wawasan di Selasar.

Vivat Selasares!


Hamdi Alfansuri
Memiliki banyak pertanyaan dalam hidupnya

http://68.media.tumblr.com/b2d6d1c5ec066a17e9d8626b32954328/tumblr_no3gwkVtyG1s8ylm2o1_500.png

 

MENJADI PUISI

Tidak aku maksud menjadi puisi

tapi taufik menyumpahiku begini

dengan segala serapah katanya

aku pun patah menurut saja

(Mei, 2015)

 

Dua hari yang lalu, secara tanpa sengaja saya menemukan postingan lama yang dipublikasikan pada 10 Mei 2015 di halaman tumblr saya, hamdi-alfansuri.tumblr.com.   

Betapa terlihat bahagianya saya waktu itu, ketika menemukan sebuah pesan masuk pada akun tumblr saya dari email ikram28281@gmail.com, ya dari Pak Taufik Ikram Jamil [saya harap Anda mengenal beliau]. Tapi yang lebih membahagiakan waktu itu adalah isi pesannya yang tidak pernah saya kira sebelumnya, ‘Wah.. Kamu hebat, aku ingin lihat engkau jadi penyair. Salam’. Saya kira, untuk seorang penulis sekelas Pak Taufik Ikram tentu sudah sangat mahir memilih penggunaan setiap kata yang beliau sampaikan.

Walau saya masih sangat penasaran darimana awal kata-kata tersebut dimunculkan. Yang saya ingat adalah sekitar dua minggu sebelum pesan itu masuk, saya memang mengikuti sebuah workshop menulis ‘Gerakan Indonesia Menulis’ yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Propinsi Riau dengan salah satu pematerinya adalah Pak Taufik Ikram. Dan Alhamdulillah saat itu puisi saya termasuk satu dari beberapa karya yang mendapat apresiasi lebih. Dari puisi saya ‘Dari Kucingnya Sutardji’, mungkin beliau akhirnya menemukan halaman tumblr saya dan mengirim pesan tersebut.

Kalimat tersebut memang sempat membuat saya ‘melangit’ dan semakin bersemangat dalam hal menulis, menjadi sebuah motivasi baru yang sangat tidak diduga. Mungkin saat itu saya telah mencapai puncak semangat, hingga akhirnya jauh serendah-rendahnya. Di setengah tahun tersisa produktifitas saya menurun sekali, hanya menulis beberapa judul dalam rentang 6 bulan. Dan di tahun 2016 ternyata terus jauh, hingga saya merasa belum menyelesaikan satu judul puisi pun (mungkin hanya puisi setengah jadi yang tak seberapa). Memang tidak benar-benar kosong dalam menulis, mungkin sekadar tulisan ringan di timeline, tugas-tugas kuliah, belajar menulis ilmiah dan riset, atau sebatas coretan asal-asalan.

Dan kemarin, setelah menemukan kembali pesan tersebut, rasanya ingin sekali kembali menjadi seperti dulu. Menjadi produktif dan aktif berkirim tulisan ke media, walau baru sekali diterbitkan. Rasanya semangat yang dulu sempat ‘melangit’ muncul kembali, dan semoga saya tidak melewatkan momen ini. Hingga muncul banyak targetan-targetan baru dalam kepala saya, entahlah apa semua akan saya capai. Setidaknya saya akan berusaha terus menggantungkan setinggi-tingginya dan belajar melompat menggapai satu persatu mimpi tersebut.

Pak, saat ini memang belum. Tapi semoga, segera bapak dapat melihat harapan yang pernah bapak utarakan itu. Ya semoga saja...

 

Hamdi Alfansuri

Bandung, 4-5 Februari 2017

 

276 Views
Pepih Nugraha

@Hamdi Alfansuri, mohon lengkap profil Anda dengan foto diri, calon kuat pemenang kaus Selasar pekan ini. Thanks. (Pepih, Founder Selasar)  Feb 6, 2017

Hamdi Alfansuri

Siap. Terimakasih, mas.  Feb 6, 2017

Write your answer View all answers to this question