selasar-loader

Apa Content Management System (CMS) populer untuk Blog?

LINE it!
Answered Feb 04, 2017

Wisa Rahardi
Blogger dan Pendiri BLOGOOBLOK.com

 zHye-EvYyRE_n_aL368QYh6fHvj7Uha7.jpg

Jika ditanya Content Management System (CMS) apa yang paling banyak digunakan untuk blog, maka jawabannya akan bervariasi, sesuai dengan jenis blog yang dikembangkan. Kita juga harus membatasi pertanyaannya dalam ruang lingkup yang terbatas karena di setiap negara pasti akan berbeda kegunaan apa yang dominan diperlukan. 

Namun untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut saya jelaskan beberapa CMS yang banyak digunakan dan kegunaannya. Versi yang pertama ialah khusus untuk blog komersial. 

1. WordPress
Secara global, yang artinya termasuk di Indonesia, WordPress adalah CMS paling populer dan paling banyak digunakan untuk berbagai format. Beberapa hasil riset juga menyebut bahwa 60 persen website di dunia yang menggunakan CMS memilih menggunakan WordPress. Jumlahnya bisa sampai 25 persen dari total website. 

Bahkan, beberapa website utama dunia juga memilih menggunakan WordPress seperti The New Yorker, Best Buy, dan Xerox. WordPress populer karena berbasis open source yang tidak membutuhkan lisensi agar bisa menggunakannya. Kontribusi komunitas yang berlangsung terus-menerus juga menjadi pendorong tingginya angka penggunaan WordPress. 

2. Magento
Karena saat ini situs eCommerce juga tumbuh pesat, maka CMS yang khusus menyasar toko online juga hadir. Magento hampir sama dengan WodrPress, sama-sama open source namun khusus untuk penggunaan toko online. Banyak juga blogger yang ingin mengembangkan bisnis memulai usahanya dengan menggunakan Magento. 

Jika CMS lain mengedepankan plugin untuk membangun toko online, di Magento semua menjadi fitus dasar. Magento juga mendukung berbagai mata uang dan bahasa. Magento Community Edition adalah platform dasar mereka, cocok untuk usaha kecil atau pengusaha tech-savvy baru yang ingin membangun sebuah webstore dari awal.

3. Drupal
CMS populer untuk blog selanjutnya adalah Drupal. CMS ini sangat cocok bagi blog yang ingin mengoptimalkan SEO. Karena fitur yang ada di dalam Drupal lebih kompleks dan mendukung berbagai tindakan agar bisa bersaing di mesin pencari. Itulah sebabnya banyak yang menggunakan CMS ini. 

Hanya saja, Drupal tidak seperti CMS kebanyakan. Meski open source, namun kompleksitas penggunaannya lebih tinggi dibanding CMS lainnya. Anda mungkin harus menyewa seorang pengembang web atau tim desainer untuk mengembangkan situs yang baik, user-friendly. Drupal dinobatkan sebagai salah satu CMS open source yang paling aman.  

4. Joomla
Joomla dianggap sebagai CMS terbaik untuk pemilik usaha kecil. Joomla juga merupakan open source yang mudah untuk pengembangannya. Joomla menawarkan banyak ekstensi dan plugin yang bisa memenuhi kebutuhan usaha kecil yang namun efektif dikembangkan. 

Kebanyakan CMS menawarkan tema dan template yang berbeda-beda, tetapi semua situs yang berbagi sistem-sistem menyampaikan tampilan yang sama. Joomla menawarkan pilihan yang lebih besar untuk kustomisasi sehingga website Anda bisa terlihat lebih unik namun juga tetap mudah digunakan. 

5. Blogspot
Untuk blog gratisan, Blogspot adalah CMS yang cukup populer. Pengguna Blogspot di dunia mungkin adalah yang paling banyak, termasuk di Indonesia. Sayangnya, CMS ini tidak bersifat open source secara utuh. Pengguna memang bisa mengembangkannya, namun format utamanya harus ikut aturan yang ditetapkan oleh Blogspot. 

Blogspot banyak dinilai lebih baik secara optimasi namun buruk secara pengembangan. Keterikatannya dengan Google membawa keuntungan lain. Untuk tahap pembelajaran, Blogspot sangat cocok digunakan. Pengetahuan HTML dasar pun bisa mengembangkan dan menjalankan Blogspot. 

 

292 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored

Author Overview


Wisa Rahardi
Pendiri BLOGOOBLOK.com