selasar-loader

Apa yang membuat kota Pontianak demikian memikat dan berkesan buat Anda?

LINE it!
Answered Feb 03, 2017

Mhd Fadly
Freelancer, penulis

a8H3jTDWcH7-JEa55PbiXLjCDRNQ3nG6.jpg

Dua jawaban sebelumnya seluruhnya bercerita akan kopi, namun tidak di jawaban ini, karena walau sudah beberapa kali ke Pontianak, saya tidak pernah menyentuh kopi orang Pontianak, mungkin di antaranya karena saya tidak suka akan kopi.

Kesan pertama sekali di Pontianak bagi saya adalah paraaaaaaah. Hasil cerita dengan teman orang Pontianak dan sesuai dengan apa yang dilihat di sana bahwa tempat tinggal penduduk seakan-akan terkotak-kotak menurut etnisnya masing-masing.

Pemukiman di daerah perkotaan pada umumnya akan didominasi oleh etnis Cina. Di sana, orang Cina tidak seelite di Jakarta. Kehidupan mereka tidak jauh berbeda dengan etnis lain pada umumnya. Budaya mereka adalah makan di warung, maka tidak heran di kota Pontianak banyak warung kopi yang dikunjungi orang-orang Cina hingga tengah malam.

Etnis Melayu umumnya berdomisili di pesisir sungai. Kalimantan Barat memiliki sungai yang sangat banyak dan etnis Dayak banyak didapati di daerah pedalaman gunung.

Ada kisah yang sangat unik menurut saya bahwa orang Dayak mampu mencium darah keturunan. Seorang teman dari teman saya orang Pontianak berujar kepada teman lainnya,"Kamu punya darah Madura." Ia kemudian menyarankan, lebih baik tidak masuk ke daerah pedalaman pascaperang etnis. Sang teman merasa keheranan ketika disebut seperti itu karena yang hasil perkawinan antara Madura dan orang lokal adalah generasi neneknya. Wallahu a'lam bisshowab.

 

325 Views
Write your answer View all answers to this question