selasar-loader

Bagaimana seharusnya peran saintis di Indonesia untuk turut serta membangun bangsa secara berkelanjutan?

LINE it!
Answered Aug 11, 2017

[Sayembara Selasar]

Peranan saintis dalam perkembangan dunia ini tidaklah dapat dipungkiri. Nah, menurut kamu, apakah peran saintis di Indonesia untuk mengembangkan pembangunan berkelanjutan?

Ketentuan:

- Hanya untuk Anagata dari FMIPA

- Minimal 200 kata

- Diwajibkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa F.MIPA UI 2017.


YXwTaCVvljXLgaI9TBZb4msOr90QRde3.jpgMenurut saya, ilmuwan adalah profesi yang sangat mulia dan membanggakan bagi bangsa Indonesia, menjadi seorang ilmuwan tidaklah mudah, dibutuhkan ilmu-ilmu yang cukup banyak,ketelitian yang akurat,kreativitas yang tinggi, dan tidak lupa juga pemahaman mereka terhadap permasalahan yang dialami negaranya di bidang sains dan teknologi. Sudah pasti bahwa ilmu sains adalah ilmu dasar dari ilmu-ilmu lainnya dimana ilmu sains merupakan fondasi awal dari seorang ilmuwan untuk menciptakan sesuatu hal yang baru yang berguna untuk negaranya sendiri dan juga dalam kancah internasional. Jadi, peran saintis di Indonesia yang terpenting adalah minat dan usaha dari mereka, juga bagaimana mereka bisa mengabdi pada tanah air mereka, mengingat bahwa bidang sains dan teknologi di indonesia masih kurang dibandingkan dengan negar-negara maju. Hanya saja para ilmuwan di Indonesia kurang mendapatkan perhatian dan apresiasi dari pemerintah pusat karena dianggap tidak berguna bagi mereka sehingga banyak ilmuwan-ilmuwan di Indonesia yang akhirnya memutuskan untuk pindah ke negara-negara lain untuk mengembangkan penemuan mereka. salah satu kasusnya adalah pada tokoh presiden RI, B.J. Habibie, penemu pesawat terbang pertama yang tidak mendapatkan apresiasi dari negaranya sendiri sehingga memutuskan untuk mengembangkan risetnya di Jerman. Jadi, bukan hanya peran saintis saja yang diperlukan untuk mengembangkan bidang sains dan teknologi, tetapi juga peran dari para pemerintah Indonesia yang seharusnya peduli pada ilmuwan-ilmuwan yang kreatif dan kritis.

Michael Owen_FMIPA_1706033801

212 Views
Write your answer View all answers to this question