selasar-loader

(Tugas Esai) Apa solusi ketahanan pangan, ekonomi, dan energi di Indonesia?

LINE it!
Answered Aug 11, 2017

Essay Solusi Ketahanan Pangan, Ekonomi, dan Energi di Indonesia

Mahasiswa baru diwajibkan menuliskan sebuah essay dengan tema-tema yang menjadi sebuah permasalahan yang sedang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Dalam penulisan essay ini diharapkan mahasiswa baru mampu menuangkan pemikirannya kedalam sebuah tulisan serta belajar mengenai cara penulisan karya tulis yang baik dan benar. Oleh karena itu di dalam penulisan essay ini, mahasiswa baru menuliskan essay disertai dengan latar belakang, isi, kesimpulan, dan daftar pustaka dengan bentuk paragraf bukan bentuk per bab, dari data-data yang didapatkan untuk essay tersebut. Mahasiswa baru akan mengerjakan essay ini secara online pada web Raja Brawijaya 2017 dan batas minimal penulisannya yaitu 1000 kata tidak termasuk daftar pustaka. Berikut tema dan judul penulisan essay yang dapat dipilih salah satu oleh mahasiswa baru.
 

Tema : Solusi Mahasiswa dalam Menangani 3 Permasalahan Pokok Indonesia” 
Judul : 
1. Mewujudkan Ketahanan Pangan Indonesia dengan Penerapan Pertanian Berlanjut
2. Mewujudkan Insentif bagi Masyarakat Sebagai Upaya Pemerataan Perekonomian Daerah
3. Pemanfaatan Energi Alternatif Sebagai Upaya Perwujudan Indonesia Bebas Polusi

Diharapkan dengan permasalahan yang diusung, mahasiswa baru bisa menjadi insan yang solutif dan mampu berinovasi dalam menyelesaikan 3 pokok pemasalahan yang ada di Indonesia. 

Dalam Essay tersebut cantumkan Nama, Cluster, dan Fakultas.


NAMA             : NORA VERINA MARHAEN

CLUSTER          : 7

FAKULTAS       : EKONOMI DAN BISNIS

Tema               : Solusi Mahasiswa dalam Menangani 3 Permasalahan Pokok Indonesia” 

 

Pemanfaatan Energi Alternatif Sebagai Upaya Perwujudan Indonesia Bebas Polusi

 

Kita tentu saja tidak akan bisa menggunakan kembali mengigat sumber daya alam yang berasal dari alam memang tidak dapat diperbaharui. Hal ini tentunya akan sangat mengkhawatirkan bagi generasi masa depan. Untuk itu energi alternatif sangat membantu untuk kelangsungan hidup. Apa sih energi alternatif itu ? Pengertian energi alternatif yang pertama adalah energi alternatif memiliki sifat sebagai pengganti energi utama di dunia ini. Kita bisa memanfaatkan energi alternatif sebagai pengganti energi utama kita. Pengertian energi alternatif yang kedua adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut.

pengembangan sumber energi yang bisa diperbaharui sedang gencar dilakukan. Energi yang dapat diperbaharui tersebutlah yang nantinya akan menjadi energi alternatif . Tujuan pengembangan energi di Indonesia agar dapat mengantisipasi kelangkaan sumber energi di masa depan.

Namun fakta yang terjadi, energi yang dapat diperbaharui masih menjadi pilihan nomor dua sedangkan energi yang tidak dapat diperbaharui menjadi pilihan pertama. Hal ini sebenarnya wajar saja, karena penggunaan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui memang banyak fungsinya. Namun apabila dilanjutkan yang terjadi adalah negara Indonesia akan kehabisan sumber energi, oleh karena itu harus ada terobosan terbaru untuk mengatasi permasalahan di atas.

Guna mengatasi permasalahan energi tersebut, perlu ada langkah yang diupayakan oleh pemerintah agar hal tersebut tidak terjadi secara terus menerus. Langkah yang bisa diupayakan oleh pemerintah adalah dengan mengubah pandangan masyarakat untuk lebih memanfaatkan energi serta dapat mengelola energi tersebut.

Banyak macam sumber energi yang disediakan oleh alam untuk bangsa Indonesia. Energi juga merupakan elemen terpenting yang selalu menyertai keberlangsungan hidup insan di bumi. Misalnya saja sumber daya energi yang utama di Indonesia berasal dari fosil seperti batu bara, minyak bumi, gas. Sebagian besar sumber energi tersebut sudah memiliki jumlah yang terbatas, jika tidak dilakukan alternatif lain, mungkin akan habis dan kita akan kesulitan untuk mendapatkannya. Dengan demikian bangsa ini membutuhkan energi alternatif

.Beberapa potensi yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif, diantaranya:

1.     Bio energi atau biogas

Merupakan sejenis energi terbarukan yang dihasilkan dari bahan-bahan organik atau biomassa. Energi yang berasal dari biomassa ini biasanya berasal dari limbah industri, kayu, hasil pertanian, jerami dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan limbah-limbah organik atau limbah industri inilah kita bisa memanfaatkan sesuatu yang tak mungkin kurang berguna menjadi sebuah produk yang bisa dimanfaatkan oleh kebutuhan manusia saat ini. Biogas atau biofuel ini bisa disebut juga sebagai bahan bakar yang sifatnya merupakan turunan dari bahan-bahan biologis.

Bahkan kita bisa menghasilkan bahan baku bio fuel ini berupa biomassa yang dihasilkan dari kotoran hewan. Energi yang berasal dari biomassa ini termasuk bagian dari tahapan siklus karbon. Adapun contoh dari biomassa lainnya adalah eceng gondok, tandan kosong dari kelapa sawit dan bagasse yang bisa dimanfaatkan untuk memproduksi bahan bakar alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan orang banyak. Bagasse sendiri dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi pada industri pengolahan tebu. Eceng gondok sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang keberadaannya kurang dimanfaatkan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan biofuel.

Sementara untuk tandan kosong dari kelapa sawit dimanfaatkan pada pabrik yang mengolah kelapa sawit. Dengan memanfaatkan bio energi ini, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi kita semua, seperti berikut ini:

1. Meminimalisir penggunaan bahan bakar hidrokarbon

Dengan memanfaatkan energi alternatif dari biofuel atau biogas ini, maka kita bisa mengurangi penggunaan bahan bakar yang sifatnya hidrokarbon. Sementara bahan bakar dari hidrokarbon ini bisa menyebabkan kerusakan lingkungan efek dari peningkatannya emisi gas karbon dioksida di udara. Hal inilah yang memiliki pengaruh terhadap efek pemanasan global, sehingga meningkatnya suhu udara di dunia yang semakin panas.

2. Energi pengganti

Biofuel atau biogas yang berasal dari biomassa ini bermanfaat sebagai energi pengganti yang diharapkan ketersediaannya sangat melimpah dan bisa menggantikan bahan bakar fosil. Seperti kita ketahui minyak bumi, batubara sebagai sumber bahan bakar yang berasal dari fosil atau tumbuhan dan hewan yang sudah mati yang tertimbun selama jutaan tahun ini tentu jika digunakan secara terus menerus akan habis. Maka dari itu, biogas ini memiliki peranan sebagai energi pengganti atau alternatif untuk menggantikan energi yang tidak terbarukan menjadi energi yang terbarukan.

3. Ramah lingkungan

Dengan memanfaatkan bahan baku biomassa atau yang berasal dari alam, maka energi alternatif ini tentunya ramah lingkungan. Sebagai energi alternatif ini, maka bahan bakar tersebut ketika digunakan bisa mengurangi emisi karbon, mengatasi masalah efek gas rumah kaca atau pemanasan global dan masih banyak lagi.

Energi Biogas dan Sampah dan Kotoran Sapi

Adapun komponen terbesar yang ada pada energi biogas ini adalah metana dan karbon dioksida. Namun demikian, tergantung juga terhadap proses anaerobik yang terjadi sehingga komposisi bisa biogas bervariasi. Namun dari semua kandungannya, metana merupakan unsur penting karena dapat menjadi tolak ukur energi atau nilai kalor yang terdapat pada biogas tersebut. Dengan asumsi bahwa semakin tinggi nilai metana dalam biogas, maka akan semakin tinggi juga energi yang dimiliki biogas tersebut, dan semakin rendah nilai metana maka semakin kecil juga nilai kalor yang ada.

Proses pembuatan biogas ini terjadi dengan cara dekomposisi dengan tanpa menggunakan udara. Dan tingkat keberhasilannya sangat ditentukan pada proses dekomposisi ini. Dan proses dekomposisi ini sangat memerlukan kehadiran mikroorganisme, yang bisa kita dapatkan dari perpaduan kerja yang dilakukan oleh mikroorganisme anaerob. Setelah terjadi hidrolisis, fermentasi dan proses metanogen yang dilakukan oleh mikroorganisme maka akan dihasilkan biogas.

Untuk melakukan proses metanogen, maka diperlukan kotoran sapi. Hal ini karena perkembangan metanogen sangat cocok jika berada di dalam lambung sapi. Namun demikian, kondisi lingkungan yang optimal sangat diperlukan untuk membentuk metanogen sehingga didapatkan energi biogas.

 

 

 

Manfaat Biogas Dalam Kehidupan Sehari-hari

a.     Bahan bakar kendaraan

Hingga saat ini bahan bakar minyak masih menggunakan bahan bakar fosil. Akan tetapi bahan bakar fosil merupakan salah satu sumber energi tak terbarukan yang akan cepat habis jika digunakan secara terus menerus. Oleh karena itu saat ini banyak sekali para ilmuan yang mulai mengembangkan energi alternatif pengganti. Beberapa alasan mengapa biogas baik untuk bahan bakar kendaraan adalah lebih mudah untuk biaya operasional, ramah lingkungan dan tidak mempengaruhi kinerja dari kendaraan itu sendiri.

b.     Memanfaatkan sampah lingkungan

Manfaat biogas berikutnya adalah dapat membantu mengurangi sampah rumah tangga. Seperti yang kita ketahui pengolahan biogas dalam menggunakan jenis limbah apapun, yang penting biogas tersebut memanfaatkan jenis limbah yang dapat terurai. Efeknya lingkungan akan menjadi lebih bersih dan bebas sampah, menjauhkan diri dari penyakit, mengurangi lingkunga kumuh dan menghilangkan bau tidak sedap yang dihasilkan penumpukan sampah.

                        Dengan pengelolaan yang sesuai biogas bisa menjadi salah satu alternatif yang sangat baik karena biogas ramah lingkungan dan mengurangi limbah yang ada .

 

 

Daftar Pustaka :

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_alternatif

www.tugassekolah.co.vu/.../sumber-energi-alternatif-dan-manfaatn.

benergi.com › Energi Alternatif

 

 

 

193 Views
Write your answer View all answers to this question