selasar-loader

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri dengan mudah?

LINE it!
Answered Jan 31, 2017

Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

ORAHWQYyMTqyElLCGEUXElTpVQK5XnEj.jpg

Mencari dan mendapat beasiswa luar negeri itu suatu seni, gampang-gampang susah, jinak-jinak merpati. Ada satu buku yang mengulas tentang beasiswa mengatakan bahwa beasiswa itu diperuntukkan untuk mereka yang berusaha. Saya sepakat dengan pernyataan ini, beasiswa tak hanya untuk orang yang pintar, tetapi lebih dari itu, pintar saja tak cukup jika tak mau berusaha.

Mengapa demikian, bagi para pemburu beasiswa, banyak hal yang harus dilakukan, kebanyakan membutuhkan detail sehingga tak banyak yang mau merepotkan diri untuk mempersiapkannya.

Sebagai salah satu awardee Netherlands Fellowship Programme (NFP) 2015, dan berulangkali ditolak lembaga pemberi beasiswa, ada beberapa pelajaran yang dapat saya petik, yaitu :

1. Jangan malas.

Banyak yang ingin mendapat beasiswa, tetapi malas untuk mencari tahu beasiswa-beasiswa yang ada, mengandalkan pernyataan "kalo ada info beasiswa kasih tau gue dong". Kemajuan teknologi terutama internet semakin memudahkan kita untuk mencari tahu beasiswa-beasiswa yang tersedia di dunia.

2. Cari tahu bidang apa yang ingin Anda dalami dan universitas mana yang menyediakan program tersebut.Jangan sekedar ikut-ikutan teman, kenali passion Anda.

3. Negara mana yang ingin Anda tuju untuk belajar. 

4. Unduh dan baca setiap detail petunjuk beasiswa yang ingin Anda lamar. 

5.Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan jauh-jauh hari, terutama dokumen sertifikat bahasa yang tidak bisa disiapkan dadakan, dan surat rekomendasi dari dosen atau atasan.

6. Minta teman, terutama yang sudah berkuliah di luar negeri untuk mereview aplikasi, motivation letter, atau essay Anda. Jangan down ketika teman anda memberikan masukan atau kritik, segera perbaiki.

7. Mental harus disiapkan. Pantang menyerah itu menjadi kunci, jika tak diterima tahun ini, coba dan coba lagi tahun berikutnya. Juga jangan down ketika banyak orang mencibir dan menertawakan cita-cita Anda.

8. Minta doa kepada orangtua, pasangan, dan anak-anak Anda. Terutama ketika mereka harus ditinggal untuk bersekolah.

9. Banyak doa kepada yang mahakuasa.

10. Pasang gambar atau tulisan mengenai target Anda, di tempat yang sering dilihat, hayati, buat gambarannya dengan jelas dalam pikiran Anda.

11. Selamat berjuang para pemburu beasiswa!

334 Views
Write your answer View all answers to this question