selasar-loader

Bagaimana cara mendapatkan surat rekomendasi untuk beasiswa sekolah ke luar negeri?

LINE it!
Answered Jan 30, 2017

Hari Nugroho
Kecanduan mencari beasiswa ke luar negeri

x-JK96FyjoX0Lj6gnCobcQeyWCMmZ4W-.jpg

Salah satu persyaratan untuk melamar beasiswa maupun pendaftaran ke universitas di Luar Negeri adalah rekomendasi dari dosen, atasan, ataupun orang-orang yang pernah bekerja sama dan mengetahui kapasitas dan kapabilitas kita. Agar mereka mau memberikan rekomendasinya kepada kita, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, sebagaimana pengalaman saya, antara lain:

1. Jalin hubungan baik dengan dosen pembimbing akademik atau dosen supervisor ketika skripsi atau dosen yang kita bantu penelitian. Seringkali hubungan yang baik ini mempermudah untuk diberi surat rekomendasi.

2. Utarakan bahwa kita pada suatu hari nanti ingin mendaftar beasiswa atau universitas di luar negeri.

3. Pastikan dosen/ atasan kita mengetahui betul kapasitas kita, salah satunya adalah dengan cara menjaga kepercayaan mereka, terutama ketika diberi tugas, tidak mudah menunda-nunda tanpa alasan yang dibenarkan.

4. Ceritakan mengenai diri kita, universitas apa yang mau kita tuju, program studi apa yang akan kita ambil. Sebisa mungkin carilah pemberi rekomendasi yang mempunyai keahlian yang linier (apalagi profesor atau PhD) dengan bidang studi yang ingin kita ambil.

5. Jika diminta untuk membuat draft surat rekomendasi oleh dosen/ atasan kita, segera kerjakan, jangan menawar agar mereka yang membuat, mereka orang-orang yang cukup sibuk, yang seringkali tidak sempat untuk mengetik sendiri surat rekomendasinya.

6. Lakukan jauh-jauh hari, agar tidak terburu-buru. Jangan pernah juga membuat deadline kepada pemberi rekomendasi, ajukan pertanyaan dengan sopan ketika menanyakan atau mengingatkan pemberi rekomendasi. Attitude seringkali lebih diperhatikan dari sekedar intelijensi.

7. Pastikan surat rekomendasi dicetak dalam kertas berkop institusi tempat pemberi rekomendasi.

8. Banyak-banyak doa dan minta didoakan. Semoga sukses ya =)

414 Views
Write your answer View all answers to this question