selasar-loader

Apa yang membuat binatang peliharaan menyerang orang yang memeliharanya meskipun sudah bertahun-tahun dipelihara?

LINE it!
Answered Aug 11, 2017

Afina Mahardhika
Indonesian Studies, University of Indonesia and avid Selasares.

zP0ZYK7GSO5O6P0aAvrIBz86LO-wqveg.jpg

Ada beberapa sebab, tapi yang pernah saya alami dengan kucing saya adalah karena ia tengah sakit. Kucing saya bernama Bondol, pernah melompat dan jatuh dengan tidak sempurna. Alhasil tulang punggungnya agak bengkok. Sayangnya, ia mengalami dua kali trauma pada tulang punggung. Belum sembuh dengan luka jatuh, tetangga saya pernah memukul Bondol. Ia makin susah berjalan dan susah makan. Didekati pun ia akan menghindar. Apalagi disentuh, tak mampu menyerang, ia hanya bisa mengerang.

Penyebab lain bisa jadi karena peliharaan kita, dalam pengalaman saya adalah kucing, akan mati. Kucing-kucing saya yang akan mati biasanya memiliki sifat menyendiri dan sensitif meskipun terhadap majikannya.

Peliharaan lain yang pernah saya miliki adalah burung beo. Kisahnya hampir sama dengan kucing saya. Ia mengalami kecelakaan dan terluka. Kalau sudah sakit biasanya ia akan mematuk tangan majikannya karena tidak ingin diganggu. Burung hantu saya pun demikian, saat sakit ia tidak ingin disentuh dan justru akan menyerang atau bersuara yang menandakan ia tidak ingin diganggu.

Intinya, hewan peliharaan pun memiliki pertahanan diri. Jika ia merasa terancam, ia akan menyerang hal yang dianggapnya mengancam, meskipun oleh maijkannya sendiri. Terutama saat peliharaan tersebut sakit.

 

Gambar via education.health.ufl.edu

417 Views
Write your answer View all answers to this question