selasar-loader

Siapa aktor laga favorit Anda?

LINE it!
Answered Jan 27, 2017

Ma Isa Lombu
Die Hard Selasares

93TKMwIPYR9wPVE1P5iupk88FQGFKb50.jpg

Jason Statham

Tidak ragu saya menjagokan Jason Statham sebagai aktor laga terbaik saat ini, menggantikan Bruce Willis yang sudah mulai menua.

Boleh dibilang, saya hampir menonton semua filmnya baik yang diproduksi di rumah produksi asal Inggris ataupun Amerika. Terhitung sejak tahun 1998, ia sudah membintangi kurang lebih 38 film sampai tahun 2016 dan 2 film sisanya masih dalam fase produksi dan akan tayang di tahun 2017 dan 2018.

Di kebanyakan filmnya, terutama setelah ia memerankan Terry Leather di Bank Job (2007), Statham selalu memerankan peran seorang (apapun profesinya) yang teratur, terencana dan pastinya mahir bela diri. 

Dari semua film yang pernah ia bintangi, saya rasa saya harus memberikan nilai rata-rata 9 dari 10 nilai sempurna untuk semua penampilannya, meski dengan sangat menyesal IMDb tidak memberikan rating cukup tinggi untuk filmnya. Mungkin karena film action. 

Yang jelas semua filmmya bagus dan penampilan Statham sebagai seorang aktor laga sangat memukau. Setiap pukulan, tendangan, hantaman dan sergapan ia lakukan dengan totalitas. Efisien, efektif dan mematikan. Sama sekali tidak terlihat bahwa itu adalah film. Dalam pertarungan yang ia lakukan, kebanyakan ia menggunakan tangan kosong, sebagian dengan pisau dan sebagian lainnya menggunakan pistol.

Meski semua filmnya bagus, jika diminta untuk memilih, Saya vote Crank (2006) dan Wild Card (2015) sebagai film terbaiknya Statham. 

Dalam Crank (2006), Statham berperan sebagai Chev Chelios, seorang pembunuh bayaran Inggris yang hidup di Los Angles. Suatu ketika, Chelios diracun dengan sebuah racun Cina yang dapat melemahkan kerja jantungnya dan beresiko besar mengakibatkan kematian atas dirinya. Satu-satunya cara ia dapat lakukan untuk tetap hidup, sambil menunggu obat penawarnya, adalah dengan memastikan hormon adrenalin dalam dirinya tetap bekerja. Bagaimana caranya? Ia terus bergerak untuk mencari dan membuat kerusuhan juga kekacauan, sehingga adrenalin dalam tubuhnya secara natural akan terus terpompa, Ketika adrenalin mengalir, ia dapat hidup. 

Dalam film ini Statham tidak banyak bertarung dengan tangan kosong layaknya film lain yang ia bintangi, justru yang menarik dari film ini adalah perjalanan ia mencari masalah sambil berusaha menemukan siapa yang menyuntikan racun pada tubuhnya. Sekilas, menonton film ini mirip seperti menonton Kill BIll (2003) tetapi dalam nuansa komedi yang lebih kental.

Dalam filmnya di WIld Card (2015), Statham berperan sebagai Nick Wild, seorang pecancu judi yang memiliki pekerjaan sebagai seorang Bodyguard. Sampai suatu titik ia terllibat dalam sebuah permasalahan dengan seorang Gangster dan akhirnya melibatkan lebih banyak Gangster di Las Vegas untuk menghabisinya. Yang menarik adalah, ia menghadapi puluhan mafia seorang diri dan tanpa senjata. Ia hanya menggunakan tangan kosong dan berbagai barang disekitarnya untuk bertahan dan menyerang, seperti sendok, serbet, dan barang tidak berbahaya lainnya.

Gerakan martial art yang ditampilkan Statham sangat efisien dan mematikan, khas Krav Maga dari Israel. Itu yang membuat Serangan dan hantaman Statham dalam setiap filmnya jadi begitu berbeda, meski dengan aktor bela diri yang sudah lebih dahulu terkenal seperti Bruce Lee, Van Damme, Jet Lee, Jacky Chan ataupun Iko Uais.

Dalam mendukung perannya tersebut, Statham mempelajari beberapa jenis martial arts, seperti Brazilian Jiu Jitsu, Wing Chun, Karate, dan juga Kickboxing/Muay Thai.

325 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Ma Isa Lombu
Pendiri selasar.com | Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia