selasar-loader

Jika Anda cukup cerdas dan banyak uang, universitas apa yang Anda pilih untuk melanjutkan pendidikan?

LINE it!
Answered Jan 24, 2017

Hari Nugroho
Kecanduan mencari beasiswa ke luar negeri

https%3A%2F%2Fcdn.evbuc.com%2Fimages%2F2

Seandainya saya punya banyak uang untuk melanjutkan studi, King's College London (KCL) adalah tujuan belajar. Sebagai peminat dalam dunia adiksi dan psikiatri, dapat melanjutkan ke universitas yang merupakan salah satu kawah candradimukanya peminat psikiatri di Eropa  adalah suatu kehormatan dan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

KCL mempunyai lembaga yang mengkaji psikiatri, psikologi, dan neurosains secara komprehensif yang dikenal dengan Institute of Psychiatry, Psychology, and Neuroscience (IoPPN), dan tentu saja hal ini sesuai dengan bidang yang saya geluti saat ini.

Bidang adiksi merupakan bidang yang sangat sedikit diminati oleh kebanyakan universitas, kebanyakan mata kuliah di bidang ini hanya merupakan bagian kecil dari suatu program studi. Namun KCL berbeda, KCL menyediakan program yang khusus mengkaji Adiksi secara komprehensif, program yang ditawarkan meliputi Post Graduate Certificate / Post Graduate Diploma, Master of Science, hingga PhD programme dalam bidang adiksi.

Selain itu KCL juga melangsungkan suatu program khusus bekerjasama dengan Virginia Commonwealth University, USA; University of Adelaide, Australia berupa kajian setingkat Master dalam bidang International Addiction Studies, dimana perkuliahannya dilaksanakan secara online.

Tak hanya itu, dalam rangka diseminasi, dan meningkatkan pemahaman mengenai penyalahgunaan narkoba, KCL juga mengembangkan suatu model kuliah gratis masyarakat yang berjudul Understanding Drugs and Addiction yang dapat diakses melalui website futurelearn.com secara gratis.

Riset-riset yang dilakukan KCL dalam bidang adiksi mempunyai dampak signifikan di UK, serta mendapat banyak grant dari berbagai institusi seperti National Institute of Health, The English Departement of Health dan The Medical Research Council. Riset yang dilakukan juga tidak terbatas pada Drugs saja, tetapi juga Alkohol, dan Tembakau, serta riset-riset tentang Pencegahan, dan Kebijakan dalam permasalahan ini.

Suasana belajar di London yang dikelilingi oleh banyak Universitas ternama juga menjadi daya tarik sendiri untuk saya, selain itu London yang sangat majemuk akan menambah pemahaman terhadap arti perbedaan baik cara berpikir, perilaku, dan budayanya.

Semoga tahun ini saya dapat belajar di KCL.

 

296 Views
Write your answer View all answers to this question