selasar-loader

Lebih penting mana, IPK atau organisasi?

LINE it!
Answered Jan 23, 2017

Inilah dilema terbesar mahasiswa. Menurut Anda, lebih penting mana, mengejar IPK atau terus berorganisasi? Atau ada alternatif lain?


Hengky Yalandra
Redaktur Online SKK Ganto UNP

mSe4H62aKJePj9V_A6JH4owegBB4JyAk.jpg

Jika ditanya mengenai mana lebih penting antara organisasi dan IPK

Sistem pendidikan di perguruan tinggi berbeda dengan sistem pendidikan d sekolah menengah atau dasar. Di perguruan tinggi lebih ditekankan kepada mahasiswa lebih aktiv untuk mencari referensi, sedangkan di sekolah menengah, materi lebih diberikan secara utuh.

75 persen ilmu didapatkan mahasiswa dari dosen sedangkan 25 persen didapatkan dengan mereka msncari sendiri, Atau untuk pengembangan softskill. Disinilah mahasiswa mendapatkannya melalui organisasi yang diikuti.

Jika kuliah diibaratkan sebagai kebutuhan primer, maka organisasi merupakan kebutuhan sekunder. Kita boleh aktiv berorganisasi namun jangan melupakan apa yang seharusnya dilaksanakan, yaitu kuliah. 

Sebenarnya di kampus saya sendiri, d universitas negeri padang, ada kalangan mahasiswa yang lbih mmntingkan organisasi. Dsini saya lbih sdikit kecewa, karena seolah melupakan apa yang mereka butuhkan. seharusnya merrka lebih menyeimbangkan antara organisasi dengan kuliah. 

Didunia kerja sekarangpun, para ceo juga mempertimbangkan pengalaman organisasi di kampus. Karena pada saat di organisasi, mereka ditempa untuk saling bekerjasama, tahan menghadapi tantangan. Namun dari mereka juga melihat IPK seseorang, karena itu juga syarat dari suatu perusahaan

Itu pendapt dari saya sendiri, terima kasih sudah bertanya

Semoga bermanfaat

207 Views
Write your answer View all answers to this question