selasar-loader

Bagaimana tuntunan dalam berpakaian menurut ajaran Islam?

LINE it!
Answered Jan 23, 2017

Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

Berawal dari kaidah dasar Ushul Fiqh "Dasar segala peribadatan (Hubungan Vertical manusia dan Allah) HARAM / dilarang, kecuali ada PERINTAH. Dasar segala Asya' (Hubungan Horizontal Manusia ke Manusia, atau yang tidak ada cakupan dalam bentuk peribadatan) HALAL / dibolehkan, kecuali ada LARANGAN"

Secara umum, berpakaian tiada kaitannya dengan hubungan antar manusia dengan Allah, maka hukumnya adalah di perbolehkan berbuat apapun, menggunakan model apapun, atau sama sekali tidak berbusana sekalipun.

namun Allah memberikan batasan dalam berbusana dengan menurunkan perintah untuk menutupi aurat, sebagaiman lazimnya diketahui bahwa aurat laki2 dari puser hingga lututnya dan aurat perempuan seluruh tubuhnya terkecuali wajah dan telapak tangannya.

dalam tuntunan berpakaian bagi Muslimah, Islam juga memberikan batasan-batasan yang diantaranya adalah berpakaian yang sopan yang tidak mengundang nafsu syahwat kaum laki-laki seperti "Berpakaian tetapi TELANJANG".

untuk urusan mode, secara rinci Islam tidak ada memberikan batasan apapun. artinya menggunakan mode apapun atau melahirkan mode-mode bagi busana muslimah tidak menjadi suatu larangan.

Bagi laki-laki salah satu batasan yang sering diperdebatkan adalah panjangnya celana yang menutupi mata kaki yang dikaitkan pada kesombongan sesuai dalil kisah Abu Bakar yang ia menjulurkan sirwal nya menutupi mata kaki, dan ia digaransikan oleh Rasulullah tidak termasuk orang yang SOMBONG.

untuk itu jawaban yang logis kepada orang yang berdalih menjulurkan sirwalnya tanpa kesombongan : Sesuai logika yang dibangun Zakir Naik, sebaiknya tidak menjulukan sirwalnya hingga menutupi mata kaki karena walaupun ia tidak dibarengi oleh kesombongan tetapi Allah dan Rasulnya menganggap perlakuan tersebut dalam kategori sombong. https://www.youtube.com/watch?v=yj_uIsdJ9_I

Wallahu a'lam bis showab

 

353 Views
Miftah Sabri

Mana Foto Ali  Jan 24, 2017

Write your answer View all answers to this question