selasar-loader

Apa standar rumah makan Padang yang enak?

LINE it!
Answered Jan 21, 2017

Indria Salim
Orang Jawa penggemar balado dan rendang Padang

Saya orang Jawa, tapi lucunya lebih sering menikmati masakan Padang. Mungkin karena saya suka makanan pedas atau kaya bumbu tanpa harus merasakan keanehan di lidah. Ini saya bedakan dengan masakan India, misalnya. Masakan India terkenal dengan banyak ragam bumbunya, namun bagi lidah saya itu mirip makan jamu dalam bentuk padat, duh.

Ok, langsung saja kriteria standar rumah makan Padang yang enak. Maaf, ini pertanyaannya rancu. Yang ditanyakan itu rumah makannya, atau makanan di rumah makan tersebut? #Peace  :D

Kalau rumah makannya, ya tentu yang makanannya enak, harga kompetitif, apalagi kalau bisa lebih murah dari rumah makan lainnya, bersih baik tempat maupun cara menyajikannya, dan penjualnya cekatan meskipun cukup ramah.

Kalau makanannya, tentu ciri khas standar  harus dipenuhi, misalnya:
Sambalnya variatif -- ada sambal cabe ijo, sambal merah dan mungkin sambal lainnya. Bumbunya pas, misalnya sambal cabe ijo itu idealnya ada rasa asam segar dari tomat hijau. Kalau sambal merah, pedasnya proporsional -- tidak bikin pelanggan harus menyediakan "diatab" karena perut tidak kuat menahan kepedasan sambal yang kepedean.

Makanannya meskipun dimasak dengan santan, atau ditumis pakai minyak, sebaiknya bisa dipisahkan bila pelanggan tidak tahan dengan kilauan minyak.

Makanan wajib yang harus ada, dan disukai tua-muda-laki-perempuan-remaja-anak-anak yaitu: ayam pop, rendang daging, balado ikan kembung, dendeng balado, gulai otak (meskipun saya tidak makan), gulai tunjang, balado belut, balado ikan bilis, balado telur bulet, gulai telur bulet maupun ayam, dan soto Padang yang tak ada duanya di kuliner lain, dong. Nah itu wajib dan menjadi tolok ukur kategori standar kuliner khas Minang. Duh, saya jadi ingat Rumah Makan Padang Bulungan Jaya di belakang kantor PLN dekat kantor Kejagung. Wuiks. |@IndriaSalim -- 21.01.2017

252 Views
Write your answer View all answers to this question