selasar-loader

Apa rahasia kenikmatan masakan Padang yang tidak dapat ditiru oleh masakan daerah lain?

LINE it!
Answered Jan 21, 2017

Indria Salim
Orang Jawa penggemar balado dan rendang Padang

Saya suka masakan Padang karena beberapa hal ini:
1) Menggugah selera. Entah bagaimana, setiap menghadapi sepiring nasi dan lauknya, awalnya dalam hati saya berpikir, "Banyak banget porsinya. Paling nasi setengah cukup. Tapi begitu makan, seringkali saya menghabiskan sepiring nasi penuh, dan nambah sambal -- baik sambal hijau atau merah.

2) Masakan Padang nikmat karena bisa dinikmati dengan atau tanpa kuah. Sambal sih sudah menjadi satu paket dengan menunya. Nasi Padang bisa kita nikmati dengan tatacara makan model modern (pakai sendok dan garpu), maupun tradisional (cukup dengan tangan). Ada teman yang bahkan mengoptimalkan kenikmatan ini dengan selalu makan tanpa sendok dan garpu.

3) Masakan Padang bisa dinikmati dengan atau tanpa menu berkuah. Mau opsi serba kering, nikmat. Mau opsi pakai kuah gulai, semakin gurih dan lancar jaya makan kita. Saya sih penggemar menu kering, jadi nasi, sambal, lauk daging (rendang) atau dendeng balado, ayam, ikan, telor -- wah semua ternyata suka ya. Dan lalaban daun singkong rebusnya itu mencandu.

4) Bagi saya, lauk nasi Padang tetap nikmat dalam keadaan panas maupun dingin (suhu ruang). Kan sambelnya sudah bikin panas -- maksudnya panas hati ingin nambah, nambah dan "tambo ciek".

Itu saja saya kira, lain-lain akan saya ceritakan kalau siapa tahu ada yang ingin mentraktir saya di restoran Padang terdekat.  Vivat Selasares! -- 21.01/2017 @IndriaSalim

135 Views
Write your answer View all answers to this question