selasar-loader

Apa kualifikasi paripurna untuk seorang editor?

LINE it!
Answered Jan 19, 2017

Indria Salim
Tetaplah haus dan lapar akan pengetahuan baru, karena di atas langit masih ada l

Sebelum menyebutkan kualifikasi paripurna editor, perlu dipahami adanya editor in-house dalam sebuah penerbitan atau organisasi (editor internal); editor lepas (freelance editor); editor buku maupun non-buku; editor buku atau dokumen hasil terjemahan.

Secara umum, kualifikasi mendasar yang perlu dimiliki editor antara lain yaitu -- suka membaca; berwawasan; memiliki kepekaan rasa bahasa yang tinggi; berminat dengan bidang yang disuntingnya; punya dasar-dasar pengetahuan penyuntingan; menguasai bahasa teks yang menjadi materi penyuntingan; memiliki ketekunan dan kesabaran; bisa bekerja cepat karena ini terkait tenggat waktu suatu jadwal atau proses penyuntingan; bisa membedakan antara kapasitas editing dengan proofreading; bila konteksnya adalah teks berbahasa Indonesia -- maka seorang editor perlu menghormati, memahami, dan tidak meremehkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Namun demikian, seorang editor sebaiknya juga luwes -- tidak kaku.

Selain kualifikasi yang disebutkan di atas, editor perlu memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Ini diperlukan bila editor harus bekerja sama selaras dengan penulis atau pihak lain yang menjadi bagian dari suatu siklus dan proses penyuntingan atau proyek khusus.

Semakin tinggi jam terbang, maka kualifikasi editor akan semakin tinggi. Tentu, menjadi penyunting tetap perlu mempertimbangkan kerendahan hati. Penyunting bukan orang yang serba tahu, apalagi kalau sampai sok tahu. Setiap orang dalam peran masing-masing tetap menyadari perlunya bertukar pikiran, mendengarkan pendapat orang lain (penulis atau reviewer), dan bantuan orang lain -- baik itu dari sumber informasi berbasis internet, aplikasi, atau ahli yang relevan (narasumber).

Singkatnya, kualifikasi editor paripurna mencakup penguasaan teknis, juga hal non-teknis (termasuk soft skills).

Kalau ada yang kurang tepat, atau perlu disempurnakan, apresiasi saya untuk memberikan umpan balik (feedback). 19.01.2017 @IndriaSalim

245 Views
Write your answer View all answers to this question