selasar-loader

Apa yang dimaksud "Curiosity" dan "Skeptic" dalam menulis berita?

LINE it!
Answered Nov 28, 2016

Pepih Nugraha
Mendalami ilmu jurnalistik sekaligus praktisi dengan menjadi jurnalis

Hasil gambar untuk wartawanHasil gambar untuk wartawan

Sumber gambar via https://www.nurfmrembang.com/ (SUM)

Curiosity dan skeptic adalah senjata utama seorang wartawan. Tanpa dua unsur penting ini, sebaiknya tidak usah jadi wartawan. Pikir ulang lalu tentukan sikap bekerja di belakang meja. Itu lebih baik.

Curiosity adalah keingintahuan yang tinggi terhadap peristiwa apa pun atau hal apa pun yang menyangkut berita. Sedangkan skeptic adalah keraguan. Ya, wartawan itu harus ragu. Dengan ragu, maka wartawan membuktikannya.

Saya ambil contoh kasus saja. Jika Anda sebagai wartawan mendapat informasi bahwa di Jalan A telah terjadi kecelakaan tabrakan antara bus dengan mobil penumpang dengan korban tewas 15 orang. Wos, korban mencapai belasan itu "sesuatu" banget. Ini peristiwa "Gods given fact", 'berita yang turun dari langit'!

Persoalannya, jika Anda percaya begitu saja atas informasi tersebut, percaya bahwa telah terjadi kecelakaan maut dengan korban tewas 15 orang, sebaiknya Anda harus sudah berpikir berhenti saja menjadi wartawan. Wartawan yang punya keingintahuan tinggi (curiosity) akan melakukan pengecekan di lapangan. Dengan kendaraan apa pun dan dengan cara bagaimana pun dia harus sampai di Jalan A untuk membuktikan kebenaran informasi tadi.

Keraguan (skeptic) membawanya untuk tidak percaya begitu saja mengenai banyaknya korban. Ia harus memiliki senjata "tidak percaya" dan "tidak yakin". Dengan senjata itu, maka sekali lagi dia harus turun ke lapangan membuktikan ketidakpercayaan atau ketidakyakinannya itu.

Bagi wartawan, turun ke lapangan itu penting dan wajib untuk sebuah berita peristiwa yang sifatnya "Gods given fact" atau berita yang "turun dari langit" seperti kecelakaan tersebut.

Jika curiosity dan skeptic wartawan sudah terlatih, dengan sendirinya kepekaan akan berita, insting akan berita alias "nose for news" wartawan akan terasah. 

348 Views
Write your answer View all answers to this question