selasar-loader

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

LINE it!
Answered Nov 16, 2016

Pepih Nugraha
Jurnalis Politik, menulis politik, tapi tidak berpolitik

fy9_99UERHum6wx3G0VpjmKvPkz0_sZn.jpg

Banyak faktor seseorang tertarik bergbung ke Negara Islam "Daesh" atau ISIS. Dua faktor adalah keyakinan dan ekonomi. Landasan bekerja dan bertindak, "way of life" ISIS adalah murni syariah dengan berpegang murni pada Al Quran dan memilih hadits yang sesuai kebutuhan ISIS dalam membangun mental pengikutnya. Credo yang dibangun ISIS adalah "menjadikan Islam sebagai kekhalifahan dunia". Untuk membangun "Islam yang satu" itu, maka perlu adanya negara daulah yang pada perjuangan awalnya di mulai dari Irak, Suriah dan sebagian Libya. ISIS juga didukung organisasi teroris di berbagai negara, antara lain Afrika dan Asia, sehingga perjuangannya tidak hanya di Suriah, Irdak dan Libya, tetapi juga di negara masing-masing di mana teroris pendukung ada.

Dalam menegakkan syariah Islam, jihad dengan iming-iming surga adalah "ideologi" yang tak kalah dahsyatnya, yang kemudian menjadi menjadi cita-cita sebagian anak muda militan. Tidak jarang mereka rela mengorbankan nyawanya sendiri dengan menjadi pengebom bunuh diri karena jaminan masuk surga dan disambut puluhan bidadari di surga. Meski bagi sebagian orang yang berpikir rasional itu sangat absurd, tetapi inilah yang diyakini ISIS dan pengikutnya. Rasa cinta yang belebihan terhadap keyakinan inilah yang oleh pimpinan ISIS (imam besar) diolah sedemikian rupa sehingga memikat para jihadis yang hendak bergabung dan berjuang di Suriah.

Ketertarikan lainnya adalah masalah ekonomi dan janji akan adanya negara daulah yang aman sejahtera berdasarkan syariah. Mengenyahkan kafir dan ajaran yang tidak sesuai dengan syariah. Menghancurkan benda seni patung karena dianggap berhala dan melarang pertunjukan apapun, melarang bermain musik, bernyanyi, bahkan bermain layang-layang bagi anak-anak. Dunia yang didambakan ISIS adalah sebuah dunia yang damai dan "dekat" ke syurga atau "negara syurga" sebagaimana yang mereka tafsirkan. Ketika perekonomian tidak memuaskan para pengikut atau calon pengikutnya di negara masing-masing dalam keadaan parah dan tidak berprospek, maka tawaran berjihad dengan gaji luar biasa besar adalah pemikat lainnya yang mengakibatkan ISIS menjadi daya tarik. Istilahnya ya dunia. ya akhirat, sekaligus didapat kalau bergabung ke ISIS.

Indonesia harus ekstra hati-hati menerima kembali para "diaspora" ISIS yang "pulang kampung" akibat ISIS terdesak dari Mosul. Wilayah kekuasaan ISIS yang makin menyusut membuat mereka demoralisasi karena wilayah yang luas adalah segala-galanya dan daya tarik utama. Ketika ISIS berdiri tanpa wilayah, maka itu bukanlah kekhalifahan sebagaimana yang mereka idamkan. Perjuangan berlanjut hanya sekadar di YouTube, Twitter, facebook atau media sosial lainnya. 

1151 Views
Ar Rasyid

Menurut saya karena kesejahteraan yang didapatkan dari Isis. Dan ancaman untuk ikut bergabung bersamanya. Dan juga pencucian otak kepada kader-kader baru  Jan 23, 2017

Pepih Nugraha

Agree mas.


  Jan 24, 2017

Write your answer View all answers to this question