selasar-loader

Seberapa penting minum susu bagi orang dewasa?

LINE it!
Answered Nov 28, 2016

Arfi Bambani
Jakartan. Indonesian. Minang.

Hiromi Shinya

Sumber gambar via AB

Saya sudah lama mencurigai susu. Beberapa tahun lalu, kecurigaan saya kemudian final setelah membaca sebuah buku karangan Profesor Dr. Hiromi Shinya, penemu teknik kolonospi untuk meneliti usus dan lambung. (baca link Google Books berikut http://bit.ly/2gBamnL).

Garis besarnya, Shinya menemukan setelah meneliti ratusan ribu perut manusia, orang-orang yang memiliki masalah kesehatan seperti darah tinggi, kardiovaskular, atau kolesterol, rata-rata memiliki kondisi usus atau lambung yang buruk. Dan yang menarik, kondisi usus dan lambung yang buruk ini berkaitan dengan pola konsumsi. Dan salah satu penyebab kondisi usus dan lambung yang buruk ini adalah konsumsi susu saat dewasa.

Menurut Shinya, manusia dewasa tidak memiliki enzim pengolah susu. Bahkan, sebagian besar umat manusia, memiliki intoleransi kepada laktosa, kandungan utama susu. Dalam bahasa saya, hanya manusia satu-satunya hewan yang ketika dewasa meminum susu.

Cerita sedikit pribadi, yaitu ketika saya baru menikah, saya baru tahu bahwa istri saya rutin minum susu setiap hari. Dan selama itu pula, dia rutin mengalami masalah asam lambung atau sering disebut sebagai mag. Saya sudah mengingatkan dia untuk berhenti, namun baru berhasil setelah saya memberikan buku karangan Shinya ini kepada dia. Dan sontak, istri saya meninggalkan kebiasaan minum susu dan, alhamdulillah, keluhan asam lambung atau magnya pun hilang.

Sekarang, kami minum susu hanya dalam bentuk kombinasi dengan kopi, cokelat, atau kue. Itu pun jarang.

Jadi, jika ditanya, apakah penting orang dewasa minum susu? Jawabannya jelas, tidak penting.

625 Views
Bugi Sumirat

ya, untuk penambah calcium  Dec 6, 2016

Arfi Bambani

Alhamdulillah, dapat pahala.  Dec 2, 2016

Zulfian Prasetyo

Sepakat sama Mas Zulmi. Ini menarik. Saya memang pernah diberi tahu perihal isi buku ini, namun tidak begitu percaya. Baru setelah membaca kasus Mas Arfi ini 'kepercayaan' saya sedikit bertambah. Sayangnya, saya termasuk penikmat susu juga. Meninggalkan hobi minum susu menjadi sesuatu yang sulit bagi saya, hahaha. :-D  Dec 1, 2016

Zulmi Hendrik

Ini benar-benar info menarik nih, ente yang baca bukunya ane juga ikut dapat manfaatnya, luar biasa.. harus sering-sering baca selasar.com nih :D  Dec 1, 2016

Write your answer View all answers to this question