selasar-loader

Manfaat apa yang kamu dapatkan dari permainan Rembug MahamerUI?

LINE it!
Answered Aug 09, 2017

[Rembuk MahamerUI]

Bagaimana perasaanmu setelah bermain Rembug MahamerUI? Apakah kamu berhasil menebak tim mana yang merupakan koruptor? Atau justru kamu berhasil mengelabui kelompok lain sehingga kamu tidak tertuduh? Setelah keseruan yang sudah kamu lakukan bersama kelompok kamu, ini saatnya kamu memberikan refleksi dari permainan Rembug MahamerUI. Ceritakan bagaimana perasaanmu selama permainan, dan menurutmu manfaat apa yang kamu dapatkan dari permainan ini?

Ketentuan:

- Tuliskan Nama_Fakultas_Nama Kelompok pada awal jawaban. Misal: Wanda_FISIP_Sahasika 1.

- Jawaban ditulis dalam 300-350 Kata

- Setelah menjawab, kirimkan screenshot dari jawabanmu kepada Anantaramu masing-masing paling lambat 4 Agustus 2017 Pukul 23.59 WIB

- Dilarang melakukan segala macam plagiarisme. 

- Disarankan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan jawaban yang Anagata miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa Fakultas X UI 2017.


Deanie Afifah Utami
MAHASISWA FKM UI 2017

kNblEJsKOP9wbx6E4UQxFjHFyNgktJW2.jpg

Deanie Afifah Utami_FKM_Wijayarajasa04

Halo perkenalkan nama saya Deanie Afifah Utami, panggil saja Dea atau Deanie. Pada hari ini, 4 Agustus 2017 saya melakukan kegiatan mentoring OKK kedua yang dilaksanakan setelah menjalani Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU). Saya dan teman-teman saya yang tergabung dalam kelompok mentoring Wijayarajasa 4 bersepakat untuk mengadakan pertemuan di Taman Firdaus. Pada sesi mentoring kali ini kami melakukan sebuah permainan yang bernama Rembug MahamerUI. Kak Rina yang merupakan mentor kami menjelaskan aturan dan cara bermainnya. Cara bermainnya sama seperti permainan werewolf, bedanya terletak pada peran antagonis yang harus kami tangkap.

Dalam permainan tersebut kami dibagi menjadi  tujuh kelompok kecil dimana diantaranya terdapat kelompok koruptor. Peran yang ada dari tiap kelompok adalah tim keuangan internal, tim pemasaran, tim kesehatan, tim operasional, tim keamanan, dan tim PSDM. Dalam permainan ini juga terdapat seorang raja yang merupakan pemimpin kerajaan. Kami diberi tugas untuk membangun sebuah rumah sakit namun pembangunannya kerap terhenti karena ulah si koruptor. Hal inilah yang membuat kami gerah dan mencari siapa koruptornya agar segera dihukum. Permainan dibagi ke dalam 3 sesi. Pada sesi pertama, karena terhambatnya pembangunan rumah sakit wabah penyakit di desa mulai menyebar. Raja pun menanyakan pendapat dari tiap tim, masing-masing tim berdiskusi dan dan menjelaskan kelebihan yang dimilikinya. Pada sesi kedua, wabah penyakit di desa semakin meluas, hal ini tentunya mengancam kenyamanan dan ketenangan warga desa. Korban jiwa mulai berjatuhan hingga akhirnya sang raja memerintahkan kami untuk segera menangkap siapa dalang dibalik peristiwa ini. Disinilah kepandaian masing-masing tim diperlukan. Tim koruptor harus pandai bersandiwara agar identitas mereke tidak diketahui. Begitu juga dengan tim lainnya yang harus berpikir kritis agar dapat menemukan siapa koruptornya. Karena tidak pandai bersandiwara dan mengutarakan alasan yang kuat, tim yang terdapat koruptornya dapat dicurigai. Sampai pada sesi terakhir, para tim mengadakan dua kali sesi voting dan akhirnya koruptor tertangkap.

Menurut saya game ini memberikan pengalaman baik karena kita dilatih untuk menjalin kerja sama yang baik dengan sesama tim. Ditambah dengan cara berpikir yang kritis serta rasa tanggung jawab akan tugas yang diberikan. Dengan itu kami dapat menemukan cara memecahkan suatu masalah dengan mudah.

178 Views
Write your answer View all answers to this question