selasar-loader

Menurut kamu, bagaimana peran sastra untuk turut memajukan bangsa?

LINE it!
Answered Aug 09, 2017

[Sayembara Selasar]

Kebudayaan dan sastra merupakan produk dari manusia sebagai bagian dari masyarakat. Menurut kalian, apakah peran sastra dalam turut serta membangun kehidupan bangsa?

Ketentuan:

- Hanya untuk Anagata dari FIB

- Minimal 200 kata

- Diwajibkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa FIB UI 2017.


Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

sPAiIw7jTWbEkZS1j1L9_9Mz5GVliUkX.png

Sastra adalah salah satu dari produk budaya. Jika budaya diibaratkan seperti pabrik, maka sastra adalah produk unggulan yang menjadi representasi dari pabrik tersebut. Ketika produk pabrik bisa dipasarkan dan digemari, maka sastra menjadi produk budaya kelas dunia. Jika dipakai dalam waktu panjang dan mempengaruhi nilai dan cara hidup manusia, maka sastra menjadi salah satu pembentuk peradaban.

Sastra adalah corong ilmu pengetahuan. Pengantar bagi gagasan-gagasan, nilai-nilai dan segala pencerahan yang menjadi asupan bagi akal dan jiwa. bagi siapa saja yang gemar sastra dan menghayatinya maka jadilah manusia paripurna. Kok bisa? Karena kumpulan kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, nilai dan gagasan dari berbagai tokoh lintas sejarah tertanam di akal dan jiwa.

Tapi satu hal yang selalu hilang dari para penggemar sastra adalah tujuan dari belajar sastra itu sendiri. Kehebatan apapun yang keluar dari buah pikiran yang tertulis dalam karya-karya sastra seharusnya makin menjelaskan pada kita bahwa "sastra tertinggi dan tidak tertandingi" adalah ayat-ayat Tuhan. Jika karya sastra mengandung hal tersebut, maka puja lah, jika sebaliknya tinggalkan lah.

Keywords:
#sastra #produkbudaya #peradaban #ilmupengetahuan #gagasan #ayatayatTuhan

130 Views
Write your answer View all answers to this question